Arus Balik Via Kereta Api Mulai Padat

Rabu, 28 Juni 2017 - 19:29 WIB
Arus Balik Via Kereta Api Mulai Padat
Arus Balik Via Kereta Api Mulai Padat
A A A
SEMARANG - Pemudik mulai memadati Stasiun Poncol dan Tawang Semarang memasuki H+3 Lebaran. Para pemudik memilih mudik lebih awal meski libur lebaran masih relatif lama.

Salah satu pemudik Anwar yang hendak menuju Jakarta mengaku sengaja kembalj ke Jakarta lebih awal supaya bisa istirahat lebih lama. Selain itu juga supaya bisa bersilaturahmi dengan tetangga-tetangganya yang ada di daerah Tebet. "Saya pesan tiket Kereta sejak sebelum puasa dan langsung beli untuk keberangkatan dan kepulangan ke Jakarta," kata warga Asli Grobogan ini.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang Edy Kuswoyo mengatakan, pada hari Rabu (28/6/2017) pukul 16.00 jumlah penumpang yang naik melalui Stasiun Poncol sudah mencapai 6.600 penumpang. Sementara penumpang yang naik dari Stasiun Semarang Tawang mencapai 5.500 penumpang.

"Kalau total yang naik dari tanggal 15 Juni sampai hari ini (28/6) penumpang yang naik sudah mencapai 85.600 penumpang dari stasiun poncol dan 57 ribu penumpang yang naik dari stasiun Tawang," katanya, Rabu (28/6/2017).

Edy menambahkan, meski arus balik sudah sangat terasa, arus mudik masih terjadi. Terbukti jumlah penumpang yang turun masih cukup signifikan yakni mencapai 7.600 penumpang yang turun di Stasiun Poncol dan 5.300 penumpang di Stasiun Tawang. "Total penumpang yang turun mulai tanggal 15 Juni sampai hari ini mencapai 73 ribu penumpang di Stasiun Tawang dan 85 ribu penumpang di Stasiun Poncol," ucapnya.

Ditambahkan Edy, diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 2 Juli mendatang, dengan prediksi penumpang yang naik dari seluruh stasiun di wilayah Daop IV mencapai lebih dari 25 ribu penumpang atau 100%.

Sementara untuk kondisi ketersediaan tiket Edy menyampaikan bahwa untuk tiket KA jarak jauh khususnya tujuan Jakarata sudah habis terjual sampai H+6 Lebaran. Kondisi tidak jauh beda juga terjadi pada ketersediaan tiket untuk KA lokal. " Untuk Ka lokal rata-rata juga sudah terjual habis, kalaupun ada hanya beberapa tempat duduk saja," ujarnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9510 seconds (0.1#10.140)