Jika Sandiaga Tak Jadi Cawapres Ganjar, PPP Ungkap Hal Ini

Selasa, 03 Oktober 2023 - 16:53 WIB
loading...
Jika Sandiaga Tak Jadi Cawapres Ganjar, PPP Ungkap Hal Ini
Bakal capres 2024, Ganjar Pranowo akan mengumumkan nama yang akan mendampinginya sebagai cawapres. Foto/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Bakal capres 2024, Ganjar Pranowo akan mengumumkan nama yang akan mendampinginya sebagai cawapres. Baru-baru ini koalisi partai pengusung Ganjar memberikan sinyal mengenai pendamping Ganjar dalam Pilpres 2024.

Adapun Puan Maharani selaku Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyebutkan nama Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa. Bahwa keduanya berpotensi menjadi cawapres dan tanpa menyebutkan nama Sandiaga Uno.

Sebelumnya nama-nama seperti Mahfud MD, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Andika Perkasa adalah nama yang diisukan akan mendampingi Ganjar Pranowo sebagai Calon Wakil Presiden. Kendati demikian satu per satu nama tersebut mulai gugur dan menyisakan Mahfud MD ditambah Khofifah Indar Parawansa yang diisukan menjadi Cawapres Ganjar.



"Pak Mahfud dan Mba Khofifah itu dari Jawa Timur kan, jadi memang mempunyai ceruk suara masing-masing dan itu jadi pertimbangan dan tentu saja calon presiden yang ada mempertimbangkan hal tersebut termasuk PDI Perjuangan," kata Puan saat diwawancarai pasca rakernas ke-IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (29/9/2023).

Sementara itu, Sandiaga yang sebelumnya juga menjadi salah satu nama yang diisukan akan menjadi Cawapres Ganjar namun nyatanya sudah terdepak jika melihat ungkapan Puan Maharani.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun enggan buka suara apakah Sandiaga Uno masih masuk ke dalam nominasi bursa Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang. Dirinya menuturkan bahwa nama Bacawapres akan disampaikan langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

"Ya, terkait nama-nama yang telah dikerucutkan, itu nanti Ibu Mega yang akan menyampaikan," tutur Hasto di sela Rakernas ke-IV PDIP.

Kendati demikian, PPP sebagai bagian dari partai koalisi pengusung Ganjar Pranowo nampaknya tidak akan mencabut dukungan kepada Ganjar Pranowo. Sebelumnya sinyal ini disampaikan oleh Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi bahwa Calon Wakil Presiden yang dipilih mendampingi Ganjar jika bukan Sandiaga haruslah memiliki irisan dan dekat dengan PPP.

"Sampai saat ini bagi PPP masih Pak Sandiaga Uno, kalaupun selain pada akhirnya bukan Sandiaga Uno, ya kalau permintaan PPP kan realistis. Bahwa sebisa mungkin yang memiliki kedekatan emosional dengan PPP," ujar Baidowi ketika ditemui di Senayan, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Melihat respons PPP, sekalipun yang terpilih adalah Mahfud MD atau Khofifah partai berlambang ka’bah tersebut akan tetap solid mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)