Jamaah Naqsabandiyah di Padang Salat Id Hari Ini

Sabtu, 24 Juni 2017 - 12:49 WIB
Jamaah Naqsabandiyah di Padang Salat Id Hari Ini
Jamaah Naqsabandiyah di Padang Salat Id Hari Ini
A A A
PADANG - Hari ini seluruh Jamaah Tarekat Naqsabandiyah melakukan salat Idul Fitri di Kota Padang, Sumatera Barat. Salat Id ini dilakukan setelah mereka genap puasa 30 hari dan hari ini jatuh Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (24/6/2017).

Seperti yang dilakukan oleh jamaah Naqsabandiyah ini di Kelurahan Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang, mereka telah melakukan salat Id pada pukul 08.00 WIB yang dipimpin langsung oleh guru mereka Buya Syafri Malin Mudo di Masjid Baitul Makmur sekaligus khatibnya.

Pantauan di lokasi, jamaah Naqsabandiyah ini sudah datang sejak pukul 07.00 WIB. Sebelum melakukan salat Id ini terlebih dahulu sekretaris masjid Baitul Makmur memberikan pengumuman soal keuangan yang bersumber dari sumbangan para jamaah termasuk memungut sumbangan dari jamaahnya.

Jumlah jamaah yang datang salat ini memadati isi masjid bahkan ada yang meluber sampai di dapur.

Setelah itu barulah melakukan salat Id dengan iman Buya Syafri Malin Mudo dan diteruskan memberikan kotbah kepada jamaah dengan memakai bahasa Arab. Khatib ini, saat berkotbah memakai sorban dan memegang tongkat seperti sebelah kanan seperti guru. Usai acaranya semuanya dilanjutkan dengan bersalam-salaman dengan para jamaah di dalam masjid tersebut.

“Hari ini merupakan tanda hari kemenanganya kita, kita sudah melakukan puasa selama 30 hari penuh, bagi Naqsabandiyah meski tanggalnya berbeda-beda puasanya itu genap 30 hari tidak pernah 29 hari,” ujar Buya Syafri Malin Mudo, Sabtu (24/6/2017).

Buya Syafri melanjutkan, kata Rasullah barang siapa yang mempuasakan Ramadan 30 hari ditambah syawal 6 hari maka maka pahalanya sama dengan puasa satu tahun. “Puasa itu tiangnya adalah salat tarawih, kalau tidak salat tarawih puasanya tidak sempurna walapun sunat dilaksanakan. Makanya kita putuskan hari lebaran jatuh pada hari ini,” ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6784 seconds (0.1#10.140)