alexa snippet

Lonjakan Kendaraan Pemudik di Brebes Diprediksi Terjadi Mulai H-4

Lonjakan Kendaraan Pemudik di Brebes Diprediksi Terjadi Mulai H-4
Polisi memprediksi lonjakan kendaraan pemudik di sejumlah jalur mudik tol maupun non tol di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mulai terjadi, Kamis 22 Juni 2017 atau H-4 Lebaran. Foto KORAN SINDO/Farid F
A+ A-
BREBES - Polisi memprediksi lonjakan kendaraan pemudik di sejumlah jalur mudik tol maupun non tol di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mulai terjadi Kamis, 22 Juni 2017 atau H-4 Lebaran. Hingga H-6 Lebaran atau Selasa (20/6/2017), arus lalu lintas masih relatif lancar.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Arfan Zulkan Sipayung mengatakan, arus kendaraan dari arah Jakarta dan Jawa Barat terpantau lancar meskipun menunjukkan peningkatan 10-15% dibandingkan hari-hari normal.

"Kami memperkirakan lonjakan tinggi volume kendaraan mulai Kamis (22/6/2017) karena besoknya PNS sudah libur. Anak sekolah juga sudah libur," kata Arfan, kepada SINDOnews, Selasa (20/6/2017).

Menurut Arfan, pada Senin (19/6/2017) atau hari pertama dibukanya tol fungsional Brebes-Batang jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Tengah yang melalui jalan tol, jalur pantura, dan alternatif mengalami peningkatan 15% dibandingkan hari sebelumnya.

"Secara umum kendaraan yang masuk ke Brebes ada kenaikan 15%, tapi arus masih lancar. Hari ini dari pantauan kami juga masih landai," katanya.

Dari pantauan SINDOnews hingga sekitar pukul 17.00 WIB, kondisi arus lalu lintas di sejumlah jalur mudik memang masih relatif lancar. Di exit tol Brebes Timur, antrean kendaraan yang hendak keluar menuju jalur pantura belum mencapai gate tol.

Begitu juga antrean di gate tol Brebes Timur maupun di gate tol Kaligangsa yang menjadi titik awal menuju tol fungsional Brebes-Batang.

Di tol fungsional Brebes-Batang, kondisi arus juga cenderung lengang. Tidak tampak adanya kepadatan kendaraan pemudik. Tak sedikit kendaraan yang melaju dengan kecepatan di atas 40 km per jam.

Antrean  kendaraan hanya terlihat di sejumlah kios BBM Pertamina yang ada di rest area. Meski demikian, antrean tak sampai mengganggu arus kendaraan atau menimbulkan kemacetan.

Salah satu pemudik yang melalui tol fungsional Brebes Batang, Dwi (35) mengatakan, kondisi arus lalu lintas dari Jakarta masih lancar. "Lancar-lancar saja sampai Tegal. Belum ada kemacetan, termasuk di tol fungsional," kata pemudik yang hendak menuju Solo ini, Selasa (20/6/2017).

Sementara di jalur pantura, arus kendaraan dari Brebes hingga Kabupaten Tegal juga terbilang masih lancar. Kepadatan kendaraan hanya terlihat di sejumlah ruas jalan yang terdapat aktivitas ekonomi warga seperti di pasar dan rumah makan dan toko oleh-oleh.

Selain itu, kepadatan juga terjadi menjelang dan sesudah exit tol Brebes Timur karena polisi memberlakukan sistem buka tutup. Namun kepadatan tak sampai menimbulkan kemacetan panjang hingga berjam-jam.



(sms)
loading gif
Top