alexametrics

Tol Fungsional Brebes-Batang Dibuka, Polda Jateng Siagakan 5 Helikopter

loading...
Tol Fungsional Brebes-Batang Dibuka, Polda Jateng Siagakan 5 Helikopter
Dua helikopter Polri di Kompleks Pangkalan Udara Utama TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani, Kota Semarang. Koran SINDO/Eka Setiawan
A+ A-
SEMARANG - Polda Jawa Tengah (Jateng) mengerahkan 5 unit helikopter setelah dibukanya Jalan Tol fungsional Brebes-Gringsing, Kabupaten Batang, pada Senin (18/6/2017). Helikopter tersebut disiagakan untuk mengevakuasi secara cepat jika ada pemudik yang sakit atau kondisi darurat di jalan tol.

“Satu dari Basarnas, dari Mabes TNI on call ada dua unit, dari Mabes Polri ada dua unit. Disiapkan khusus untuk di Jawa Tengah saja,” ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat kegiatan Pasar Murah dan Bakti Sosial di Lapangan Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Minggu (18/6/2017).

Condro mengatakan, pemudik dari Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, terbanyak berasal dari Jawa Tengah. Untuk itu, Condro mengimbau agar pemudik memanfaatkan 3 jalur utama yang ada di Jawa Tengah.



Selain Tol fungsional Brebes-Batang, ada jalur Pantai Selatan dan jalur Pantai Utara (pantura). Di jalur non-tol tersebut mulai masuk Cikampek, fasilitas cukup memadai, seperti SPBU, fasilitas tempat ibadah hingga rumah-rumah makan.

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri itu mengimbau agar pemudik yang melewati ruas jalan tol fungsional itu agar membawa perbekalan, terutama air minum agar tidak dehidrasi. Sebab, ruas jalan tol itu termasuk dari Palimanan, Jawa Barat, kondisinya sangat panas. Ruas jalan tol itu sepanjang 110km mempunyai 1 rest area operasional dan 7 rest area sementara.

“Bahan bakar minyak juga harus dipastikan cukup ketika melewati ruas tol tersebut, sebab belum ada SPBU di sana. Memang disiapkan di beberapa rest area darurat, BBM dalam kemasan oleh Pertamina,” katanya.

Untuk pengamanan arus mudik Polda Jateng menggelar Operasi Ramadniya Candi 2017 bersama polres-polres jajarannya. Sebanyak 12.000 personel dikerahkan dibantu 5.000 personel dari unsur TNI dan pemerintah daerah.
(wib)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak