Bangun Potensi Daerah, HT Sarankan Sistem Zonasi Diterapkan

Rabu, 14 Juni 2017 - 21:58 WIB
Bangun Potensi Daerah, HT Sarankan Sistem Zonasi Diterapkan
Bangun Potensi Daerah, HT Sarankan Sistem Zonasi Diterapkan
A A A
GARUT - Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menyarankan, setiap kabupaten/kota menerapkan sistem zonasi dalam mengembangkan potensi daerah. Menurut HT, pengembangan wilayah secara zonasi akan mengedepankan kekuatan yang dimiliki oleh daerah itu sendiri.

“Garut potensinya banyak, salah satu cara mungkin harus dilakukan zonasi. Saya berpikir bagaimana mengembangkan Garut di selatan, tengah bagaimana, utara bagaimana,” kata HT di Pendopo Kabupaten Garut, Rabu (14/6/2017).

Setelah menerapkan sistem zonasi, lanjut HT, persoalan yang mesti dipikirkan berikutnya adalah bagaimana membangun masyarakat di wilayah itu. Menurut HT, di posisi ini masyararakat membutuhkan akses modal murah.

“Di setiap daerah sudah banyak tersebar sejumlah bank. Tapi kalau misalnya kabupaten punya bank sendiri yang bisa mensupport masalah pembiayaan, tentu ya lebih cepat,” ucapnya.

Selain itu, HT menyatakan, masyarakat mesti mendapat pelatihan-pelatihan. “Membangun masyarakat yang belum mapan ini harus ada keberpihakan potensi. Biarkan mereka bisa berkembang dulu, sebelum dilepas untuk bersaing dengan yang lain,” ujarnya.

HT berharap, pemerintah daerah lebih bersemangat untuk menarik investor dari luar ke Garut. Kegiatan usaha yang dilakukan, disesuaikan dengan potensi daerah, seperti pariwisata, pertambangan, dan lainya.

“Bidang apa saja yang bisa dibangun di kabupaten/kota. Misalnya bisa wisata, perhotelan, pertambangan dan lainnya. Saya rasa dengan cara ini lebih terpola dan terencana,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, pihaknya telah berupaya untuk menarik investor ke daerah. Dia mengatakan, pihaknya siap memberikan keyakinan kepada investor, bahwa Kabupaten Garut memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) yang dapat menggerakan perusahaan itu.

“Kami juga punya regulasi yang mudah, cepat, murah, serta rasa aman. Inilah yang menjadi dasar kami untuk menarik investor dari luar ke Garut,” kata Rudy.

Rudy berharap pihaknya dapat terus menjalin komunikasi dengan HT, selaku pengusaha yang bisa mereferensikan kepada para investor lain terkait ketersediaan sumber daya dan infrastruktur.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6284 seconds (0.1#10.140)