Hidupkan Api Tungku untuk Hangatkan Badan Malah Rumah yang Terbakar

Senin, 12 Juni 2017 - 14:28 WIB
Hidupkan Api Tungku untuk Hangatkan Badan Malah Rumah yang Terbakar
Hidupkan Api Tungku untuk Hangatkan Badan Malah Rumah yang Terbakar
A A A
PANGANDARAN - Sebuah rumah milik Aki Juha (79), warga Dusun Karoya, RT 05/01 Desa Bungur Raya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran hangus terbakar.

Salah satu anggota forum kesiapsiagaan dini masyarakat (FKDM) Kecamatan Langkaplancar Anto mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 06.30 WIB saat pemilik rumah sedang menyalakan api di tungku dapur dengan tujuan menghangatkan badan.

"Saat Aki Juha menghangatkan badan, api malah menjalar kebagian dapur dan merambah ke rumah yang terbuat dari anyaman bambu atau bilik," kata Anto.

Anto menjelaskan, rumah tersebut dihuni oleh Aki Juha sendirian jika siang hari, sedangkan pada malam hari Aki Juha tidur di rumah anaknya yang tidak jauh dari rumah yang terbakar tersebut.

"Aki Juha kondisinya sudah pikun, sedangkan jika dia berada di rumahnya tidak terperhatikan karena dalam keseharian anaknya berprofesi sebagai penyadap nira kelapa," tambah Anto.

Kepala Desa setempat Halim mengatakan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp20 juta. "Api dengan cepat merambah seluruh rumah Aki Juha dengan hingga rata dengan tanah," kata Halim.

Halim menjelaskan, kobaran api bisa dipadamkan berkat kerjasama warga dengan menggunakan peralatan seadanya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7100 seconds (0.1#10.140)