KLHK Tindak Tegas Perusahaan Perusak Lingkungan, Ini Penjelasannya

Kamis, 28 September 2023 - 14:17 WIB
loading...
KLHK Tindak Tegas Perusahaan Perusak Lingkungan, Ini Penjelasannya
Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 kepada dunia usaha dan DLH Kabupaten/Kota se Provinsi Banten PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) bersama Dinas LHK Banten. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Masalah kerusakan lingkungan terus menjadi perhatian pemerintah khususnya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KHLK ). Seperti perusahaan yang tak memperhatikan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), karena ini sangat berdampak bagi kesehatan manusia.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Banten Wawan Gunawan saat membuka kegiatan Pembinaan Pengelolaan Limbah B3 kepada dunia usaha dan DLH Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten yang digelar perusahaan pengolah limbah industri PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) bersama Dinas LHK Provinsi Banten pada Rabu, 27 September 2023.

Kata Wawan, setiap tahunnya di wilayahnya menghasilkan limbah 7.286.490 ton. Dengan jumlah yang cukup besar tersebut, memiliki risiko yang cukup tinggi terkait kedaruratan pengelolaan limbah B3.



"Kami tegas. Sudah banyak perusahaan baik pengumpul, penghasil maupun menyebab pencemaran limbah B3 yang telah di policeline. Kita tindak tegas para pelanggar tersebut," kata Wawan dalam keterangannya, Kamis (28/9/2023).

Ia juga mengungkapkan, sejumlah perusahaan yang telah kena sanksi administratif dan beberapa perusahaan terindikasi perusak lingkungan lainnya. "Perusahaan-perusahaan itu sudah kami policeline," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wawan mengakui masih ada 20 persen perusahaan yang masih proper merah. "Kami berusaha akan menghapus merah itu menjadi biru. Karena 20 persen ini kemungkinan perusahaan baru atau belum tersentuh sosialisasi," terangnya.

Dalam mendukung upaya membangun kesadaran dunia usaha terkait pengelolaan limbah B3 seperti yang ditargetkan DLHK Provinsi Banten, General Manager Sales Industrial PT PPLI Yurnalisdel menyampaikan dukungan serius.

"Kami mendukung upaya pemerintah membangun kesadaran dunia industri dan pelaku usaha untuk dapat mengelola limbahnya dengan baik dan benar. Kami juga terus berupaya mensosialisasikan dan mengampanyekan sirkular ekonomi dalam pengelolaan limbah B3," ungkap Yurnalisdel.

Dikatakannya, selain rajin menggelar kegiatan sosialisasi, PPLI juga mengaku siap sharing dengan dunia industri yang ingin berkonsultasi terkait pengelolaan limbah B3 yang baik dan benar.

Kegiatan pembinaan pengelolaan B3 dan limbah B3 ini menghadirkan narasumber Endang Suhendi, Tenaga Ahli Kementerian KLHK RI dan Dody Choeruddin, Sales Manager PT PPLI, serta diikuti oleh lebih dari 100 perwakilan dunia industri dan perwakilan DLH Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)