alexa snippet

Maskapai Nasional Mulai Ajukan Penambahan Penerbangan di Bandara Silangit

Maskapai Nasional Mulai Ajukan Penambahan Penerbangan di Bandara Silangit
Jelang Lebaran, maskapai nasional mulai mengajukan penambahan penerbangan dari dan tujuan Bandar Udara (Bandara) Silangit.Foto/Ist
A+ A-
TARUTUNG - Jelang Lebaran, maskapai nasional mulai mengajukan penambahan penerbangan dari dan tujuan Bandar Udara (Bandara) Silangit, Tarutung. Pengajuan penambahan penerbangan tersebut dilakukan mengingat semakin tingginya minat penerbangan ke Silangit.

Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu mengatakan, pengajuan penambahan penerbangan diajukan mulai 16 Juni. Pengajuan penambahan dilakukan karena tingginya permintaan penumpang selama liburan Lebaran.

“Setahu saya belum disetujui, tetapi sudah diajukan. Kita lihat nanti. Tetapi menurut saya kita mampu melayani penerbangan tersebut,” terangnya Minggu (4/6/2017).

Hotasi menjelaskan, untuk satu pekan pertama awal puasa kondisi penerbangan di Silangit masih dalam keadaan normal. Jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari Silangit masih berkisar 700 penumpang dalam sehari. Namun pada pertengahan puasa peningkatan penumpang bisa terjadi hingga dua kali dari rata-rata pelayanan penerbangan saat ini.

Menurut Hotasi diperkirakan lonjakan penumpang akan terjadi hingga masa akhir liburan lebaran. Untuk itu, pihaknya selaku pengelola Bandara sudah melakukan pengantisipasi terhadap lonjakan penumpang tersebut.

Termasuk pengaturan jadwal penerbangan agar tidak terjadi tumpang tindih penumpang. Serta persiapan penyediaan sarana angkutan Lebaran dan pengamanan bandara sesuai dengan standar pelayanan penerbangan umum.

“Kondisi bandara sudah memenuhi berbagai kebutuhan pelayanan penerbangan dengan maksimal. Termasuk ruang tunggu keberangkatan yang mampu menampung ratusan penumpang. Serta pelayanan lain yang disediakan Bandara,” paparnya.

Sementara itu, seorang pengguna jasa penerbangan di Silangit, Marthin Marbun (30) mengatakan, pelayanan Silangit diharapkan lebih maksimal dari biasanya. Pelayanan Silangit saat ini sudah sangat baik dan membantu warga untuk dapat menggunakan jasa penerbangan udara dengan mudah.

Tetapi kebutuhan pendukung penerbangan lainnya juga harus segera disediakan dengan baik. Di antaranya penyediaan jasa transportasi darat untuk berbagai kota besar di kawasan Silangit.

“Setidaknya untuk inti kota, misalnya untuk tujuan Sidikalang ada jasa angkutan hingga Doloksanggul. Atau untuk kawasan Samosir ada angkutan hingga Ajibata, Tobasa,” paparnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top