Mengenal SINGA Scholarship, Beasiswa PhD Fully Funded di Singapura

Selasa, 26 September 2023 - 14:04 WIB
loading...
Mengenal SINGA Scholarship, Beasiswa PhD Fully Funded di Singapura
National University of Singapore (NUS) adalah salah satu universitas di Singapura yang ikut kerja sama dalam menyelenggarakan SINGA Scholarship bersama sejumlah universitas besar lain di Singapura. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengenal SINGA Scholarship beasiswa program PhD full funded di Singapura. Melanjutkan studi ke Singapura menjadi cita-cita banyak orang Indonesia. Selain jaraknya yang dekat dengan Indonesia, faktor kualitas pendidikan di Singapura menjadi salah satu magnet banyak WNI menjatuhkan pilihannya ke negeri jiran itu untuk belajar.

Singapura memang dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di Asia Tenggara bahkan Asia. Salah satu jenjang pendidikan yang diincar banyak warga Indonesia adalah jenjang Doktor (PhD). Memang untuk studi program PhD tidaklah murah.

Tapi jangan khawatir, ada salah satu program beasiswa di Singapura bernama SINGA Scholarship yang dikenal sebagai beasiswa PhD fully Funded. Mengutip duniadosen,com, artikel kali ini akan membahas secara detail apa itu beasiswa SINGA Scholarship

Apa Itu SINGA Scholarship?


SINGA Scholarship adalah beasiswa jenjang S3 untuk mendapatkan gelar PhD di negara Singapura dan merupakan hasil kerjasama dari Agency for Science, Technology & Research (A*STAR), Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), Singapore University of Technology and Design (SUTD), dan Singapore Management University (SMU).

Penerima program beasiswa ini berkesempatan untuk melakukan penelitian ke tingkat internasional secara gratis. Kegiatan penelitian dilakukan di lembaga penelitian Agency for Science, Technology & Research.

Namun, para penerima program juga bisa melakukan penelitian di lembaga yang bekerjasama . Yakni NTU, NUS, SUTD atau SMU. Usai menyelesaikan kegiatan penelitian tersebut, penerima program akan diberikan gelar PhD.

Tak hanya itu, program beasiswa SINGA Scholarship bersifat penuh (fully funded) dan memiliki durasi maksimal selama 4 tahun. Sehingga para penerima program tinggal fokus pada penelitian yang dilakukan agar bisa secepatnya meraih gelar PhD. Detail komponen biaya yang tercover akan dijelaskan di bawah.

Persyaratan


Bagi siapa saja yang ingin kuliah S3 di luar negeri dan meraih gelar PhD dengan pengalaman penelitian di tingkat internasional. Maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan di program SINGA Scholarship ini. Para peserta yang bisa mendaftar diwajibkan untuk memenuhi sejumlah syarat sesuai kebijakan pihak penyelenggara. Berikut syarat SINGA Scholarship 2023:

1. Terbuka untuk seluruh lulusan (S2 – Magister) perguruan tinggi internasional (selain lulusan Singapura). Sehingga program ini tidak bisa diikuti oleh mereka yang sudah pernah sekolah atau kuliah di Singapura, termasuk warga negara asli Singapura.

2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik (dibuktikan dengan sertifikat tes bahasa Inggris).

3. Memiliki hasil belajar yang baik dari perguruan tinggi sebelumnya.

Adapun 3 kriteria atau persyaratan yang disebutkan tersebut tidak bersifat mutlak. Pihak penyelenggara melalui situs resminya menjelaskan bahwa pihak lembaga penelitian A*STAR bisa menambahkan beberapa kriteria lain sesuai kebutuhan. Meskipun begitu, bagi para pendaftar yang merasa dan memang sudah memenuhi kriteria umum dan utama tersebut. Maka dipersilahkan untuk mendaftar sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan A*STAR selaku penyelenggara program.

Batas Waktu Pendaftaran

1. SINGA Scholarship dibuka sepanjang tahun dalam dua gelombang. Gelombang pertama, pendaftaran akan dibuka pada 2 Desember sampai 1 Juni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8065 seconds (0.1#10.140)