Selongsong Mercon Air Mancur Berbahan Alquran Dibuat di Sukoharjo

Jum'at, 02 Juni 2017 - 17:03 WIB
Selongsong Mercon Air Mancur Berbahan Alquran Dibuat di Sukoharjo
Selongsong Mercon Air Mancur Berbahan Alquran Dibuat di Sukoharjo
A A A
SEMARANG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyebut penyelidikan atas adanya temuan mercon air mancur yang lapisannya diduga menggunakan lembaran Alquran terus dilakukan. Hasil penyelidikan sementara, selongsong mercon air mancur itu dibuat di Kabupaten Sukoharjo.

“Jadi dari penyelidikan sementara, selongsong kembang api (air mancur) itu dibuat di Sukoharjo. Dikirim ke Madiun untuk diisi jadi kembang api (air mancur). Ini kami lakukan penyelidikan asal usul kertas tersebut yang diduga ada ayat Alquran itu,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Djarod Padakova, di Mapolda Jawa Tengah, Jumat (2/6/2017).

Ini menyusul temuan awal di Kecamatan Pedurungan, yakni seorang warga bernama Rohmat Hidayat aliar Robert warga Tanjungsari IA RT03/RW14, Kelurahan Pedurungan Tengah.

Dia menyalakan mercon air mancur yang dibelinya di Pasar Johar Semarang, ternyata saat iseng dibuka lapisan kertasnya ada tulisan arab di kertas diduga dari kertas Alquran.

Hasil penelusuran awal, kembang api itu juga sesuai keterangan saksi, dibeli dari Toko Rajawali, Kawasan Pasar Johar Semarang.

Jenisnya adalah air mancur merek Mega Jumbo, berwarna dasar merah di mana lapisan kertas dalam kemasan air mancur tersebut terdapat tulisan ayat Alquran. Aneka air mancur yang dijual itu ternyata diproduksi perusahan Surya Kencana di Kota Madiun.

“Kapolda menginstruksikan untuk (para Kapolres) melakukan penyelidikan. Saat ini dari jajaran, terutama di Kota Semarang yang ditemukan awal, sudah diamankan (barang bukti). Ini untuk antisipasi timbulnya isu-isu yang berkembang. Isu yang bersifat SARA,” lanjut Djarod.

Dia mengatakan para Kapolres diminta melakukan pengamanan di masing-masing wilayahnya untuk menelusuri. Apakah di wilayahnya ditemukan hal serupa atau tidak.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7565 seconds (0.1#10.140)