Gempa Guncang Sulteng, BNPB Imbau Masyarakat Tenang

Senin, 29 Mei 2017 - 23:12 WIB
Gempa Guncang Sulteng, BNPB Imbau Masyarakat Tenang
Gempa Guncang Sulteng, BNPB Imbau Masyarakat Tenang
A A A
JAKARTA - Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengonfirmasi kepada BPBD terkait gempa yang mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, Senin (29/5/2017) malam.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, gempa pertama berkekuatan 6,6 SR dengan pusat gempa di 38 kilometer Barat Laut Poso, 58 kilometer Timur Laut Sigi atau 75 kilometer di Tenggara Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada Senin (29/5/2017) pukul 21.35 WIB. Pusat gempa di darat pada kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami.

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi BPBD. Berdasarkan laporan sementara gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Warga panik dan berhamburan keluar rumah di Kabupaten Poso. Sementara itu masyarakat di Sigi, Palu, dan Morowali Utara merasakan gempa sedang selama 5 detik. Sebagian masyarakat keluar rumah," kata Sutopo dalam rilisnya.

Menurut Sutopo, masyarakat masih berada di luar rumah karena terjadi gempa susulan dengan kekuatan 5,0 SR berpusat di 51 kilometer Timur Laut Sigi Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 kilometer pada Senin (29/5/2017) pukul 21.53 WIB.

Sutopo menambahkan, BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Daerah yang memiliki intensitas gempa VI MMI umumnya mengalami kerusakan bangunan yang konstruksinya sederhana. "Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu tsunami. Tidak ada potensi tsunami terkait gempa 6,6 SR dan susulannya."

Menurut Sutopo, dampak gempa akan disampaikan berikutnya. Posko BNPB masih terus memantau perkembangan penanganan dampak gempa dengan berkoordinasi dengan BPBD dan unsur lainnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)