Sambut HBN 2023, PPUMI Jateng Gelar Adikarya Batik Nusantara

Minggu, 24 September 2023 - 11:36 WIB
loading...
Sambut HBN 2023, PPUMI Jateng Gelar Adikarya Batik Nusantara
Ilustrasi Hari Batik Nasional. Foto/Dok.Sindonews
A A A
SOLO - Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) Jawa Tengah (Jateng) segera menggelar Adikarya Batik Nusantara 2023 (ABN2023) di Kota Solo, 4-8 Oktober 2023 mendatang. Kegiatan tersebut sekaligus menyambut Hari Batik Nasional 2023.

PPMUI menggandeng LimaSatu Kreatif Indonesia sebagai Co-Organizer dalam acara yang menghadirkan pesona kekayaan budaya Indonesia di 2 lokasi yang spektakuler.

Diinisiasi oleh 2T, yaitu Tuty Adib dan Tuty Cholid Adikarya Batik Nusantara nantinya akan menjadi agenda tahunan sebagai salah satu perayaan Hari Batik Nasional.

"Selain pameran akan berlangsung pagelaran fashion show dari para desainer dan pelaku industri fashion serta talkshow," kata Tuty Adib, salah satu inisiator acara dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/9/2023).



Dalam acara ini banyak pertunjukkan yang dihadirkan, salah satunya Pameran Batik Nusantara yang terinspirasi dari ragam budaya Indonesia. Pameran ini akan menghadirkan karya-karya batik yang memikat hati para pecinta seni dan budaya.
Sambut HBN 2023, PPUMI Jateng Gelar Adikarya Batik Nusantara

Selain itu, akan ada pula Fashion Show yang melibatkan desainer berbakat dan model papan atas yang akan menampilkan kreativitas mereka melalui runway yang memukau.

"Ada pula Talkshow Inspiratif dari para pelaku industri terkemuka yang akan berbagi pengalaman dan pandangan mereka terhadap dunia fashion dan UMKM di Indonesia," jelasnya.

Selain itu, ada sesi Premium Fashion Show yang berkolaborasi dengan Bank Indonesia dalam rangka Road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) dengan tema'Harmonizing Heritage : Unveiling Indonesian Elegance In Muslim & Batik Fashion'.

"Tema ini dipilih sebagai penghargaan terhadap keberagaman Budaya di Indonesia, menonjolkan persatuan negara melalui mode serta sebagai bukti keanggunan busana Muslim yang tak lekang oleh waktu dan daya pikat Batik yang abadi sehingga dapat menjembatani antar generasi dan budaya," ujar Tuty Cholid, yang juga menginisiasi event Adikarya Batik Nusantara 2023.

Pagelaran Premium Fashion Show-nya sendiri akan terbagi ke dalam 2 sesi. Untuk Fashion Show road to IN2MF by Bank Indonesia, akan menampilkan Modest Fashion dengan menggandeng 6 Desainer ternama Indonesia, seperti : Itang Yunasz, Tuty Adib, Tuty Cholid, Naniek Rachmat, Musa Widyatmojo dan Deden Siswanto.

Sementara itu, sesi Fashion Show selanjutnya akan menampilkan koleksi para Desainer ternama Indonesia, seperti : Samuel Wattimena, Wilsen Willim, Eridani, serta para pengusaha batik Indonesia, seperti Batik Danar Hadi X Surya Abduh, Kasih Fajarini dan Batik Riana Kusuma. Nantinya, Para Desainer yang terlibat dalam acara ABN23 ini masing-masing akan memperlihatkan 6 Koleksi Batik terbaik mereka.

"Adikarya Batik Nusantara adalah perayaan budaya Indonesia yang luar biasa dan merupakan kesempatan emas untuk memahami serta merasakan kekayaan warisan Batik Nusantara," ujar Eka Nugraha, perwakilan dari LimaSatu Kreatif Indonesia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)