JR Saragih: Jadikan Agama Bagian dari Kehidupan

Minggu, 28 Mei 2017 - 17:51 WIB
JR Saragih: Jadikan Agama Bagian dari Kehidupan
JR Saragih: Jadikan Agama Bagian dari Kehidupan
A A A
PEMATANGSIANTAR - Bupati Simalungun JR Saragih berpesan agar agama dijadikan bagian dari kehidupan sehari-hari. Hal itu disampaikannya saat menghadiri peresmian pembangunan Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Exaudi Gurilla di Nagori Bah Sorma, Kecamatan Sitalasari, Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (28/5/2017).

JR Saragih menyebutkan setiap tahun pertumbuhan gereja di Sumut terus bertambah khususnya di Pematangsiantar dan Simalungun. Dia berharap dengan pertumbuhan rumah ibadah tersebut menjadi modal bagi masyarakat untuk menjadikan agama sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari agar moral yang kuat dalam menjalankan kehidupan.

"Setiap tahun pertumbuhan gereja di Sumatera Utara terus bertambah khususnya di Siantar Simalungun, maka jadikanlah agama bukan sebatas ritual keagamaan melainkan jadikan agama sebagai bagian dari hidup setiap manusia sehingga memiliki moral yang kuat dalam menjalankan kehidupan," kata JR Saragih di acara peresmian pembangunan GKPS Exaudi Gurilla di Nagori Bah Sorma, Kecamatan Sitalasari, Pematang Siantar.

JR Saragih mengatakan, jika agama terus ditanamkan pada diri manusia maka bisa meminimalisasi tingkat kriminalitas. Agama menurutnya dapat menjadi acuan dalam menumbuhkembangkan moral di tengah masyarakat.

Meskipun dalam membangun gereja tersebut butuh dana yang cukup besar yakni mencapai Rp2,2 miliar, JR Saragih meminta agar tidak patah semangat dalam menyelesaikan pembangunannya. Tanamkan jiwa semangat baru demi melaksanakan pembangunan gereja hingga tahap akhir.

"Miliki semangat baru dalam membangun gereja agar ada motivasi yang baru pula dalam menjaring masyarakat yang memiliki rasa persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Ephorus GKPS Sumut Romanja Purba mengatakan, dengan hadirnya semangat baru di tengah masyarakat khususnya para jemaat GKPS, akan memiliki jiwa dan moril yang baru di Sumut.

"Kita bersyukur bisa memiliki figur Bapak JR Saragih yang terus memberikan pelayanan kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya buat jemaat GKPS," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam membangun gereja GKPS Exaudi Gurilla Pemerintahan Kabupaten Simalungun menyumbang Rp150 juta. Rinciannya, Rp100 juta dari Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Rp50 juta dari seluruh jajaran SKPD Kabupaten Simalungun.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9750 seconds (0.1#10.140)