Perdana, Cagar Alam Arab Saudi Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Sabtu, 23 September 2023 - 22:05 WIB
loading...
Perdana, Cagar Alam Arab Saudi Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO
Cagar alam Uruq Bani Ma’arid di Arab Saudi ditahbiskan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. (Foto: Arabnews)
A A A
JAKARTA - Cagar alam Uruq Bani Ma’arid di Arab Saudi ditahbiskan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Pengakuan internasional untuk cagar alam ini merupakan pertama kalinya bagi kerajaan Arab Saudi.

Keputusan tersebut diambil pada sesi ke-45 Komite Warisan Dunia UNESCO di Riyadh, dikutip dari Arabnews, Sabtu (23/9/2023).

“Pencantuman Cagar Alam Uruq dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai Situs Warisan Alam pertama di Kerajaan berkontribusi untuk menyoroti pentingnya warisan alam dalam skala global dan mencerminkan nilai luar biasa dari Cagar Alam,” ujar Menteri Kebudayaan Arab Saudi, Pangeran Bader bin Abdullah bin Farhan Al-Saud.

Cagar alam Uruq Bani Ma’rid terletak di sepanjang tepi barat Ar-Rub Al-Khali, mencakup wilayah seluas lebih dari 12.750 km². Ia berdiri sebagai gurun pasir tunggal dan lautan pasir terbesar di bumi.



Menawarkan panorama pasir yang menakjubkan, cagar ala mini memiliki beberapa bukit pasir linier kompleks terbesar di dunia. Cagar alam ini memiliki nilai universal yang sangat luar biasa.

Cagar alam Uruq Bani Ma’rid berfungsi sebagai bukti luar biasa terhadap evolusi lingkungan dan biologis flora dan fauna di Arab Saudi. Kawasan in juga menyediakan habitat alami yang penting bagi kelangsungan hidup lebih dari 120 spesies tanaman asli dan tempat berlindung bagi hewan-hewan yang terancam punah.

Prasasti cagar alam Uruq Bani Ma’arid sebagai situs warisan dunia mencerminkan dedikasi dan upaya kolaboratif berbagai entitas, termasuk kementerian kebudayaan komisi nasional pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan, pusat satwa liar nasional, dan pusat margasatwa nasional komisi warisan Arab Saudi .



Pencapaian ini menambah Panjang daftar prestasi Arab Saudi. Sebelumnya negara Timur Tengah itu berhasil memasukkan sejumlah destinasi dalam daftar UNESCO. Di antaranya, Oasis Al-Ahsa, situs arkeologi Al-Hijr, distrik At-Turaif di Diriyah, kawasan budaya Hima, Jeddah Bersejarah, dan Cadas di wilayah Hail yang menampilkan berbagai kekayaan permadani budaya dan alam kerajaan.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)