Unit 731, Unit Rahasia Jepang yang Kembangkan Senjata Biologis Hasil Eksperimen Manusia

Jum'at, 22 September 2023 - 15:48 WIB
loading...
Unit 731, Unit Rahasia Jepang yang Kembangkan Senjata Biologis Hasil Eksperimen Manusia
Unit 731, unit rahasia milik Jepang yang kembangkan senjata biologis hasil eksperimen manusia. Foto/SCMP
A A A
JAKARTA - Kejamnya Unit 731 ini tentunya sudah bukan rahasia lagi. Unit itu dikenal sebagai percobaan senjata kimia paling kejam sepanjang sejarah.

Pada masa Perang Dunia II Jepang telah dikenal sebagai negara yang melakukan kejahatan perang di beberapa wilayah. Salah satu yang paling kejam dan dikenang adalah Unit 731.

Unit 731 merupakan unit rahasia Jepang yang ditugaskan untuk mengelola laboratorium di Kota Harbin China. Lab tersebut dipakai untuk menguji senjata kimia dan biologis yang diciptakan oleh Kekaisaran Jepang pada setiap tahanan perang mereka.

Karena laboratorium tersebut berada di China, membuat sebagian besar tahanan perang yang dijadikan kelinci percobaan berasal dari Tiongkok.

Dilansir dari The Guardian, Jepang telah mengungkapkan nama ribuan anggota Unit 731 yang melakukan eksperimen mematikan terhadap warga sipil Tiongkok pada tahun 1930-an hingga 1940-an ketika mereka berupaya mengembangkan senjata kimia dan biologis.

Dalam dokumen yang telah diungkapkan Jepang tersebut ditemukan bahwa awalnya Unit 731 awalnya bernama Departemen Pencegahan Epidemi dan Pemulihan Air tentara Kwantung. Tercatat pula sebanyak ribuan petugas medis tentara, serta puluhan dokter, ahli bedah, perawat dan insinyur yang diterjunkan dalam unite tersebut.

Meski begitu, Jepang enggan mengakui unit tersebut pada akhir tahun 1990-an dan menolak untuk membahas secara rinci kegiatan yang dilakukan di dalam Unit 731.

Penyiksaan di Unit 731


Unit 731 mulai dibentuk pada tahun 1930-an di timur laut Tiongkok. Menurut catatan sejarah, tahanan dalam unit tersebut diberi nama "log". Mereka harus menjalani beberapa penyiksaan yang dilakukan oleh setiap penjaga dan orang yang bertugas di sana.

Berikut ini beberapa penyiksaan di Unit 731 yang dilansir dari laman Pacific Atrocities Education.

1. Pengujian Dingin


Yoshimura Hisato, ahli fisiologi di Unit 731, memiliki minat khusus pada hipotermia dan menggunakan subjek manusia untuk menguji reaksi manusia terhadap radang dingin.

Hisato secara rutin membenamkan anggota badan tahanan ke dalam bak berisi air es dan menahannya di sana sampai anggota badan tersebut membeku. Dalam percobaan ini dia mempelajari tentang seberapa lama waktu para korban untuk bertahan ketika berada dalam keadaan beku.
Kemudian Hisato mencoba berbagai metode untuk mencairkan bagian tubuh yang beku dengan cepat, seperti menyiram anggota tubuh dengan air panas, menyalakan api, atau membiarkan korban tidak diobati semalaman untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan darah mencairkannya.

2. Pembedahan Secara Sadar


Pembedahan yang dilakukan di Unit 731 adalah tanpa anestesi untuk mempelajari pengoperasian sistem kehidupan. Tindakan ini dilakukan terhadap ribuan korban, sebagian besar tahanan komunis Tiongkok serta anak-anak dan petani lanjut usia.

Mereka terjangkit penyakit seperti kolera dan wabah penyakit, lalu organ mereka diambil untuk diperiksa sebelum mereka meninggal guna mempelajari dampak penyakit tersebut tanpa pembusukan setelah kematian.

Ada juga tahanan yang tubuhnya diamputasi dan disambungkan kembali ke sisi tubuh yang lain, sementara anggota tubuh lainnya dihancurkan atau dibekukan, atau sirkulasinya terputus. Setelah jenazah habis dan habis, mereka biasanya ditembak atau dibunuh dengan suntik mati.

3. Pengujian Senjata


Banyak senjata yang diujikan oleh para tahanan Unit 731, mulai dari pedang, pisau, hingga mengetes penyembur api pada kulit yang terlindungi dan terbuka.
Mereka juga menyiapkan kamar gas untuk menguji subjek menggunakan gas saraf. Mereka juga mempelajari paparan sinar-X yang berkepanjangan, yang pada akhirnya membunuh ribuan subjek pengujian.

4. Menguji Batas Manusia


Ada subjek manusia yang dikurung dan tidak diberi makanan dan air untuk mengetahui berapa lama manusia dapat bertahan hidup.

Untuk mempelajari cedera akibat kecelakaan, maka akan ada benda berat dijatuhkan ke tahanan yang terikat.

Hingga Efek gaya G force yang tinggi pada pilot dan pasukan terjun payung dipelajari dengan memasukkan manusia ke dalam sentrifugal besar dan memutarnya dengan kecepatan yang semakin tinggi hingga mereka kehilangan kesadaran atau mati, yang biasanya terjadi antara 10-15 G.

5. Uji Penyakit dalam Kehamilan


Para tahanan perempuan yang subur nantinya akan dihamili secara paksa. Setelah hamil mereka akan disuntikkan berbagai macam penyakit untuk melihat kelangsungan hidup janin nantinya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)