Anggota TNI Penjaga Perbatasan Ini Rela Mengajar Murid SD Sambil Mendongeng

Rabu, 24 Mei 2017 - 08:50 WIB
Anggota TNI Penjaga Perbatasan Ini Rela Mengajar Murid SD Sambil Mendongeng
Anggota TNI Penjaga Perbatasan Ini Rela Mengajar Murid SD Sambil Mendongeng
A A A
MALAKA - Dunia anak SD adalah dunianya ingin tau dan senang dengan hal-hal yang baru, mereka akan cepat bosa bila metode pembelajaran sangat formal, mereka suka dengan hal yang menghibur serta tidak membosankan.Melihat peluang tersebut, para anggota TNI Satgas Penjaga Perbatasan dari Yonif Raider 712/Wiratama membantu mengajar siswa SD Katolik Laktutus di Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Malaka, NTT dengan mendongeng menggunakan media bantu boneka.

Menurut Komandan Satgas pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Letkol Inf Elvino Yudha K, mendongeng sambil belajar menggunakan media boneka dilakukan oleh anggotanya yang berada di Pos Laktutus Lettu Inf M Rapiyuddin dan merupakan program Satgas di bidang pendidikan.

"Dengan metode ini secara tidak langsung siswa akan lebih mudah mengerti apa pesan yang disampaikan dari dongeng tersebut dan terlihat sekali antusiasme para siswa untuk mengikuti pembelajaran tersebut sehingga dapat memicu kemauan siswa untuk belajar,” kata Letkol Inf Elvino Yudha K, Rabu (24/5/2017).

Dijelaskannya, selain mengajar dengan metode mendongeng, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL dari Yonif Raider 712/WT juga melatih Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dengan tujuan membentuk karakter, kepribadian dan kedisiplinan.

"Selain melatih PBB, kita juga memberikan semangat pada siswa, dengan membagikan makanan ringan sehingga terlihat adanya kedekatan siswa dengan anggota seperti sudah bersahabat dan saling kenal lama dengan harapan terbentuknya kedekatan emosional," ujarnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9056 seconds (0.1#10.140)