Tim Psikologi Polda Pantau 14 Tersangka Pembunuh Brigdatar Adam

Selasa, 23 Mei 2017 - 18:21 WIB
Tim Psikologi Polda Pantau 14 Tersangka Pembunuh Brigdatar Adam
Tim Psikologi Polda Pantau 14 Tersangka Pembunuh Brigdatar Adam
A A A
SEMARANG - Polda Jawa Tengah menurunkan tim psikologi dari Biro Sumber Daya Manusia untuk melakukan pendampingan terhadap 14 Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) yang menjadi tersangka pengeroyokan dan penganiayaan berujung tewasnya Brigdatar M. Adam.

"Jelas ada pendampingan tim psikologi. Para tersangka adalah anak-anak Taruna Tingkat III. Yang mana, tentunya secara mentalitas harus tetap kita pantau. Termasuk kesehatannya. Dari Polda sudah siapkan dan pantau," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Djarod Padakova, Selasa (23/5/2017).

Sejak dijemput penyidik untuk diperiksa sebagai tersangka mulai Minggu (21/5/2017) dan akhirnya ditahan, Djarod mengatakan ke 14 tersangka dalam kondisi sehat.

"Terus dipantau secara simultan. Secara psikis tentunya mendapat tekanan yang kecenderungan lebih banyak diam. Kami berikan pendampingan tim psikologi. Kondisinya cukup baik," lanjutnya.

Tak kalah penting, soal penyidikan Djarod mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan saksi ahli hukum pidana untuk kasus itu. Pihak Polda Jawa Tengah juga menyediakan sebanyak 16 pengacara untuk mendampingi proses hukum tersangka.

"Tentunya kita berikan keleluasaan, mau menggunakan atau gunakan (pengacara) lain itu haknya," sambung Djarod.

Tersangka utama tewasnya Bridatar M. Adam berinisial CAS, yang melakukan pemukulan terhadap korban hingga akhirnya meninggal. Sementara 13 tersangka lainnya berinisial; RLW, GCM, EA, JED, MB, CAE, HA, AKU, GJN, RAP, RK, IZ, PDS.

Mereka dijerat Pasal 170 tentang pengeroyokan jo Pasal 351 ayat (3) tentang penganiayaan jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Ancaman hukumannya hingga 12 tahun penjara. Ada 18 barang bukti yang diamankan, di antaranya; raket, tongkat plastik, hingga ikat pinggang. Barang bukti lain, pipa alumunium bekas gagang sapu sepanjang 60 cm, 1 kunci slot sepeda warna merah, sebuah sarung tangan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3533 seconds (0.1#10.140)