Jangan Pernah Lewatkan Doa Ini Setelah Sholat Fardhu

Kamis, 21 September 2023 - 21:57 WIB
loading...
Jangan Pernah Lewatkan Doa Ini Setelah Sholat Fardhu
Doa yang diajarkan Rasulullah SAW ini hendaknya tidak dilewatkan kaum muslim ketika sholat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Di antara doa yang diajarkan Rasulullah ﷺ kepada umatnya adalah memohon agar dikaruniai ketaatan beribadah kepada-Nya. Doa ini hendaknya dibaca setiap selesai sholat atau ketika sujud dalam sholat.

Untuk diketahui, tidak ada yang menjamin hati manusia selalu taat beribadah kepada Allah. Hati manusia selalu berada di antara dua pilihan, yaitu jalan ketaatan atau jalan kemaksiatan. Dialah Allah yang membolak-balikkan hati manusia menurut kehendak-Nya.

Dari Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Ada seseorang yang mengamalkan amalan ahli surga pada waktu yang sangat lama, lalu ia menutup akhir hidupnya dengan amalan ahli neraka. Ada pula seseorang yang mengerjakan amalan ahli neraka pada waktu yang sangat lama, namun kemudian ia menutup akhir hidupnya dengan amalan ahli surga." (HR Muslim)

Berikut Doa Agar Dikaruniai Ketaatan Beribadah
Dalam satu riwayat, Rasulullah ﷺ mengajarkan doa yang indah agar Allah melimpahkan taufik ketaatan beribadah kepada-Nya. Berikut sabda beliau:

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يَقُولُ، أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ قُلُوبَ بَنِي آدَمَ كُلَّهَا بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرِّفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ (رواه مسلم)

Dari Abdullah bin 'Amru bin Ash berkata, bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya hati anak cucu Adam (semua manusia) itu berada di antara dua jari Allah Yang Maha Rahman. Allah Ta'ala akan memalingkan hati siapa saja menurut kehendak-Nya." Kemudian Rasulullah berdoa: 'Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu." (HR Muslim)

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allaahumma Mushorrifal Quluubi, Shorrif Quluubanaa 'alaa Thoo'atik.
Artinya: "Ya Allah, Dzat Yang Memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu." (HR Muslim)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)