Deretan Hewan yang Menularkan Virus Nipah, Kelelawar Jadi Penyebab Utama

Kamis, 21 September 2023 - 14:15 WIB
loading...
Deretan Hewan yang Menularkan Virus Nipah, Kelelawar Jadi Penyebab Utama
Kelelawar buah diketahui merupakan inang alami dari virus Nipah. Foto/Wikimedia Commons
A A A
JAKARTA - Virus Nipah tengah menjadi sorotan setelah menewaskan dua warga India. Ini bukan pertama kalinya virus tersebut merebak.

Pada tahun 1999, virus Nipah sempat menghantui Malaysia dan menyebabkan angka kematian yang cukup tinggi. Lebih mengerikannya lagi, sampai saat ini masih belum ditemukan vaksin untuk virus berbahaya tersebut.

Menurut WHO, virus Nipah (NiV) merupakan virus zoonosis (ditularkan dari hewan ke manusia) dan juga dapat ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung antar manusia.

Virus ini nantinya akan mengalami gejala yang bervariasi dari tanpa gejala (asymptomatic), infeksi saluran napas akut (ISPA) ringan atau berat hingga ensefalitis fatal.

Mereka yang telah terinfeksi awalnya akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, mialgia (nyeri otot), muntah, dan nyeri tenggorokan. Dalam kasus berat, seseorang bisa saja mengalami pneumonia atipikal, gangguan saluran pernapasan berat, hingga kejang, yang nantinya dapat menimbulkan koma hingga kematian.



Karena merupakan virus zoonosis, berarti ada beberapa hewan yang menjadi penyebab penularan virus nipah ke manusia. Berikut ini beberapa di antaranya.

Hewan yang Menularkan Virus Nipah


1. Kelelawar Buah


Kelelawar buah diketahui merupakan inang alami dari virus Nipah. Penularan virus terjadi apabila manusia terkontaminasi dengan air liur, darah atau urine dari mamalia terbang satu ini.

Dalam wabah yang tersebar di Bangladesh dan India, konsumsi buah-buahan atau produk buah-buahan (seperti jus kurma mentah) yang terkontaminasi urin atau air liur kelelawar buah yang terinfeksi kemungkinan besar merupakan sumber infeksi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)