alexa snippet

Harkitnas, Ki Demang Ajak Ratusan Siswa Bangkitkan Budaya Lokal

Harkitnas, Ki Demang Ajak Ratusan Siswa Bangkitkan Budaya Lokal
Penggagas Kampung Budaya Polowijen (KBP) Ki Demang mengajak ratusan siswa yang merupakan anak bangsa wajib bangkit kembali dengan tradisi kebudayaan. Foto/Istimewa
A+ A-
MALANG - Hari Kebangkitan Nasional adalah momen kebangkitan dari sisi kebudayaan. Demikian dikatakan penggagas Kampung Budaya Polowijen (KBP) Ki Demang di hadapan ratusan siswa SDN II Polowijen yang berkunjung ke KBP, Sabtu (20/5/2017).

Ki Demang mengajak ratusan siswa yang merupakan anak bangsa wajib bangkit kembali dengan tradisi kebudayaan. Anak-anak harus bangkit dengan rajin belajar dengan tekun agar pandai dan cerdas agar tidak terpengaruh pada berbagai budaya barat.

"Anak-anak harus bangkit melawan berbagai budaya barat yang tidak ada nilainya. Budaya barat yang individual, dengan cara bangkit kembali untuk mengangkat nilai luhur budaya kita," kata Ki Demang.

Ki Demang mewanti-wanti ratusan siswa supaya belajar menari Tari Topeng Malangan, serta tari-tarian lain agar tidak melupakan seni budaya Nusantara, khususnya seni budaya di Malang.

Ke depan, lanjut Ki Demang, KBP bukan sekadar untuk membatik dan latihan topeng. KBP akan dijadikan juga sebagai pusat bimbingan belajar dan mengaji.

"Sebagai bagian ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, KBP bercita-cita menjadikan anak-anak SDN Polowijen unggul di segala bidang."

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, ratusan murid SDN II Polowijen dengan didampingi beberapa guru merayakan momen tersebut dengan mengunjungi Kampung Budaya Polowijen.

Kegiatan tersebut menurut kepala sekolah SDN II Polowijen Masyiati sejalan dengan visi dan misi, yakni melestarikan budaya yang ada di lingkungan sekitar.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top