7 Ikan yang Aman Dikonsumsi Mentah, Tinggi Protein dan Kaya Nutrisi

Selasa, 19 September 2023 - 18:02 WIB
loading...
7 Ikan yang Aman Dikonsumsi Mentah, Tinggi Protein dan Kaya Nutrisi
Beberapa ikan yang aman dikonsumsi mentah tinggi kandungan nutrisi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada tujuh ikan yang aman dikonsumsi mentah. Salah satunya adalah salmon yang sering dihidangkan pada makanan sushi.

Tidak semua jenis ikan aman untuk dikonsumsi mentah. Hal ini karena beberapa ikan dapat mengandung parasit atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Parasit dalam ikan hanya dapat dibunuh dengan memasak atau membekukan di freezer. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis ikan yang aman dikonsumsi mentah.



Berikut ini adalah 7 jenis ikan yang aman dikonsumsi mentah.

Ikan yang Aman Dikonsumsi Mentah


1. Ikan Salmon


Salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling populer untuk hidangan mentah. Ikan ini memiliki daging yang lembut dan berlemak, yang membuatnya sempurna untuk sushi dan sashimi. Pastikan salmon yang digunakan adalah segar dan berkualitas tinggi.

2. Ikan Tuna


Tak hanya salmon, tuna juga sering digunakan dalam hidangan mentah. Tuna memiliki daging yang kaya akan protein dan lemak sehat. Tuna sirip biru dan tuna sirip kuning adalah varietas yang umum digunakan untuk sushi dan sashimi.


3. Ikan Flounder/Ikan Sebelah


Ikan flounder atau ikan sebelah memiliki daging lembut dan rasa yang enak. Ikan ini sering digunakan dalam hidangan mentah, terutama di Jepang. Flounder adalah sumber protein rendah lemak dan rendah kalori. Ikan ini juga menyediakan vitamin B12 , vitamin D, selenium, dan asam lemak omega-3.

4. Ikan Trout


Ikan trout adalah jenis ikan yang hampir mirip dengan salmon. Ikan ini sering digunakan dalam sushi dan sashimi, terutama di Jepang dan Skotlandia.

Ikan trout mengandung mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh. Selain itu, ikan trout juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh kita, jantung, dan otak.

5. Ikan Ekor Kuning


Di Jepang, ikan ekor kuning juga sangat populer sebagai hidangan mentah atau biasa disebut sashimi. Sashimi ikan ekor kuning biasa disebut sebagai Hamachi. Ini menjadi menjadi hidangan yang lezat dan kaya akan nutrisi.

6. Ikan Makarel


Selanjutnya adalah ikan makarel yang sering disebut sebut mirip ikan sarden. Ikan ini juga kaya akan nutrisi terlebih jika disajikan secara mentah. Selain menyediakan sumber lemak sehat, ikan makarel kaya kandungan protein.

7. Ikan Sea Bass


Sea bass adalah ikan yang memiliki daging yang lembut dan rasa yang enak. Ikan ini sering digunakan dalam hidangan mentah, terutama di Mediterania dan Jepang. Pastikan sea bass yang digunakan segar dan berasal dari sumber yang terpercaya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)