Perbandingan Kekuatan Militer antara Israel dan Lebanon

Senin, 18 September 2023 - 17:04 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer antara Israel dan Lebanon
Pasukan Lebanon mengikuti parade militer. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel dan Lebanon adalah dua negara yang terletak di Timur Tengah. Israel adalah negara maju dengan kekuatan militer yang besar, sedangkan Lebanon adalah negara berkembang dengan kekuatan militer yang lebih kecil.

Kekuatan Militer Israel


Israel memiliki kekuatan militer yang sangat besar, yang didukung anggaran militer yang besar dan budaya militer yang kuat.

Angkatan Bersenjata Israel (IDF) memiliki lebih dari 170.000 personel aktif, dengan persenjataan yang canggih, termasuk tank, pesawat tempur, dan kapal perang.

Angkatan Udara Israel (IAF) memiliki lebih dari 700 pesawat tempur, termasuk F-15 dan F-35. Angkatan Laut Israel (INS) memiliki lebih dari 60 kapal perang, termasuk kapal selam.

Kekuatan Militer Lebanon


Lebanon memiliki kekuatan militer yang lebih kecil daripada Israel. Angkatan Darat Lebanon (LAF) memiliki sekitar 70.000 personel aktif, dengan persenjataan yang lebih sederhana daripada IDF.

Angkatan Udara Lebanon (LAF) memiliki sekitar 100 pesawat tempur, termasuk F-16 dan helikopter serang.
Angkatan Laut Lebanon memiliki sekitar 20 kapal perang, termasuk kapal patroli dan kapal selam.

Anggaran Militer dan Senjata Nuklir


Persenjataan militer Israel tergolong canggih, bahkan paling canggih di wilayah Timur Tengah. Adapun persenjataan Lebanon tergolong sederhana.

Jika dilihat dari anggarannya, Israel memiliki anggaran USD27,8 miliar, dibandingkan dengan Lebanon yang hanya memiliki anggaran USD1,4 miliar.

Yang paling penting, Israel disebut memiliki persenjataan nuklir, walau pun tidak mengakui secara terbuka. Adapun Lebanon sama sekali tidak memiliki persenjataan nuklir.

Keunggulan Militer


Israel memiliki keunggulan militer yang signifikan dibandingkan Lebanon dalam beberapa hal. Personel militer aktif Israel mencapai lebih dari dua kali lipat jumlah personel militer aktif Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0811 seconds (0.1#10.140)