Doa ketika Ragu Akan Kehalalan Makanan yang Bakal Kita Santap

Senin, 18 September 2023 - 16:15 WIB
loading...
Doa ketika Ragu Akan Kehalalan Makanan yang Bakal Kita Santap
Doa yang dibaca oleh Syaikh Sya’rani ketika ragu akan kehalalan makanan. Ilustrasi: Masyudi
A A A
Tatkala berada wilayah yang mayoritas penduduknya nonislam seringkali membuat kita ragu akan kehalalan makanan yang kita santap. Dalam kitab Qami’ut Thughyan diajarkan jika kita mengalami masalah seperti itu kita dianjurkan untuk membaca doa yang dibaca oleh Syaikh Sya’rani berikut:

اَللّهُمَّ احْمِنِى مِنَ اْلاَكْلِ مِنْ هذَا الطَّعَامِ الَّذِى دُعِيْتُ اِلَيْهِ، فَاِنْ لَمْ تَحْمِنِى مِنْهُ فَلاَ تَدَعْهُ يُقِيْمُ فِى بَطْنِى وَاِنْ جَعَلْتَهُ يُقِيْمُ فِى بَطْنِى فَاحْمِنِى مِنَ الْوُقُوْعِ فِى الْمَعَاصِى الَّتِى تَنْشَأُ مِنْهُ عَادَةً، فَاِنْ لَمْ تَحْمِنِى مِنَ الْوُقُوْعِ فِى الْمَعَاصِى فَاقْبَلْ اسْتِغْفَارِى وَأَرْضِ عَنِّى أَصْحَابَ التِّبْعَاتِ ، فَاِنْ لَمْ تَقْبَلِ اسْتِغْفَارِى وَلَمْ تُرْضِهِمْ عَنِّى فَصَبِّرْنِى عَلَى الْعَذَابِ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummahmini minal akli min hazat tho’amillazi du’itu ilaihi faillam tahmini minhu fala tada’hu yuqimu fi bathni wa in ja’altahu yuqimu fi bathni fahmini minal wuqu-‘i fil ma’ashillati tansya-u minhu ‘adatan faillam tahmini minal wuqu-‘i fil ma’ashi faqbal istighfari wardho ‘anni ashhabat taba’ati faillam taqbal istighfari wa lam turdhihim ‘anni fashobbir ‘alal ‘azabi ya arhamar rohimina.

Artinya: “Ya Allah, jaga diriku dari memakan makanan ini, yang mana aku diajak untuk memakannya. Jika Engkau tidak berkenan menjagaku darinya, maka jangan biarkan makanan tersebut berada di dalam perutku. Jika Engkau menjadikan makan tersebut ada di dalam perutku, maka jagalah diri ku terjerumus ke dalam kemaksiatan yang biasanya ditimbulkan akibat makanan tersebut. Jika Engkau tidak berkenan menjaga diriku dari terjerumus ke dalam kemaksiatan, maka terimalah istighfarku dan ridailah aku dari para penuntut (pemilik harta). Jika Engkau tidak menerima istighfarku dan tidak meridhaiku, maka sabarkanlah aku atas siksa, wahai Zat yang Maha Penyayang di antara para penyayang.”

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)