Atasi Kekeringan, Baznas Bazis DKI Salurkan 6 Ribu Liter Air Bersih di Kalideres

Senin, 18 September 2023 - 15:05 WIB
loading...
Atasi Kekeringan, Baznas Bazis DKI Salurkan 6 Ribu Liter Air Bersih di Kalideres
Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta mendistribusikan sebanyak 6.000 liter air bersih untuk warga Jalan Utan Jati, Kampung Tebaci RT 10/11, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta mendistribusikan sebanyak 6.000 liter air bersih untuk warga di kawasan permukiman padat penduduk Jalan Utan Jati, Kampung Tebaci RT 10/11, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Musim kemarau yang panjang berdampak banyak warga mengalami kekurangan air bersih. Salah satu wilayah yang mengalami kekurangan air bersih adalah warga RT 5 hingga RT 10 RW 11 Pegadungan.

Kekurangan air bersih mulai dirasakan oleh warga selain efek dari musim kemarau panjang juga berasal dari perbaikan saluran air yang dilakukan oleh pihak PAM Jaya.

"Kekurangan air bersih paling parah terjadi di RT 5, 6, 7, 8, 9, dan 10 mereka sangat membutuhkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup, yaitu air yang bersih dan layak untuk digunakan sehari-hari," ungkap Ketua RW 11 Arif Rahman, Senin (18/9/2023).

Merespons kesulitan warga itu, Baznas Bazis DKI mendistribusikan sebanyak 6.000 liter air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan dan kesulitan air bersih di kawasan Kalideres, Jakarta Barat.



"Pendistribusian air bersih ini bertujuan untuk mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih yang terjadi di Kalideres, Jakarta Barat dalam beberapa waktu terakhir," ujar Wakil Ketua IV Baznas Bazis DKI Jakarta Nasir Tajang.

Koordinator Baznas Bazis Tanggap Bencana DKI, Yudiman menambahkan, air bersih sangat penting untuk kesehatan manusia. Air yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit seperti diare, kolera, dan penyakit lain yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen.

"Air bersih membantu mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan masyarakat, yang juga membutuhkan air bersih untuk konsumsi dan hidrasi tubuh. Untuk meminimalkan dampak kekeringan ini, salah satunya dengan pendistribusian air bersih di wilayah Kalideres, di mana sebanyak 800 jiwa menerima manfaat dari bantuan air bersih ini" ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)