Donald Trump: Ukraina Sebenarnya Bisa Hindari Perang

Senin, 18 September 2023 - 06:19 WIB
loading...
Donald Trump: Ukraina Sebenarnya Bisa Hindari Perang
Mantan Presiden AS Donald Trump tidak ingin ada perang di Ukraina karena biayanya yang mahal. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan bahwa Ukraina bisa menghindari ratusan ribu kematian dan kehilangan lebih sedikit wilayah jika negara itu mencapai kesepakatan damai dengan Rusia sebelum konflik dimulai pada Februari lalu.

"Hilangnya wilayah Ukraina ke tangan Rusia adalah sesuatu yang bisa dinegosiasikan,” kata Trump kepada NBC. Dia mengungkapkan banyak orang berharap Kiev akan melepaskan klaimnya atas Crimea dan wilayah lain di negara itu sebagai imbalannya untuk kedamaian.

“Jadi mereka bisa saja membuat kesepakatan dengan jumlah wilayah yang hilang lebih sedikit dibandingkan wilayah yang sudah direbut Rusia,” lanjut Trump. “Mereka bisa saja membuat kesepakatan di mana tidak ada yang terbunuh…mereka akan memiliki negara Ukraina. Sekarang tidak ada seorang pun yang tahu apakah Ukraina akan diambil alih sepenuhnya.”



Yang dimaksud Trump dengan “wilayah lain di negara ini” kemungkinan besar merujuk pada Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, yang kedaulatannya diakui oleh Presiden Rusia Vladimir Putin tiga hari sebelum operasi militer Rusia di Ukraina dimulai.

Setelah referendum September lalu, kedua wilayah tersebut kini telah bergabung dengan Federasi Rusia, bersama dengan wilayah Kherson dan Zaporozhye yang sebelumnya merupakan wilayah Ukraina. Krimea memilih untuk bergabung kembali dengan Rusia pada tahun 2014.

Trump kemudian mengulangi klaimnya bahwa jika terpilih tahun depan, ia akan mencapai kesepakatan damai dalam waktu 24 jam.

“Saya akan mengajak [Presiden Rusia Vladimir Putin] ke sebuah ruangan, saya akan mengajak [Presiden Ukraina Vladimir] Zelensky ke sebuah ruangan, lalu saya akan mempertemukan mereka dan saya akan membuat kesepakatan,” kata Trump.

“Akan lebih mudah jika perang tidak dimulai, dan yang terpenting adalah ratusan ribu orang masih hidup,” katanya. “Tapi saya bisa menyelesaikannya dan menyelesaikannya dengan cepat.”

Trump kemudian mengklaim bahwa ia mencegah Ukraina dan Rusia “melakukan apa pun” selama masa kepresidenannya, dengan alasan bahwa rendahnya harga minyak yang menjadi ciri masa jabatannya di Gedung Putih akan membuat Rusia, eksportir minyak terkemuka, terlalu mahal untuk membiayai operasi militer.

Posisi Trump terhadap Ukraina sangat bertentangan dengan posisi Presiden Joe Biden, yang telah berjanji untuk membiayai militer Kiev “selama diperlukan” untuk mengalahkan Rusia di medan perang. Kecuali pengusaha Vivek Ramaswamy, semua lawan Trump di partai utama Partai Republik mendukung semacam bantuan militer berkelanjutan ke Ukraina.

Diantaranya adalah mantan wakil presiden Trump, Mike Pence. Berbicara kepada CNN pada hari Minggu, Pence menuduh Trump “mengikuti politik peredaan” dan “membiarkan Vladimir Putin mendapatkan apa yang diinginkannya.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)