Denny JA: Presiden Jokowi Justru Makin Populer di Akhir Kekuasaan

Minggu, 17 September 2023 - 19:36 WIB
loading...
Denny JA: Presiden Jokowi Justru Makin Populer di Akhir Kekuasaan
Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) justru makin populer di tahun terakhir kekuasaannya. Tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi di tahun terakhir kekuasaannya masih sangat tinggi.

Hal itu disampaikan Denny JA dalam video yang diunggah di akun media sosial resminya, DennyJA_World, Minggu (17/9/2023). Video tersebut adalah bagian dari serial Ekspresi Data yang diunggah di Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, serta YouTube Denny JA.

Ini adalah serial video yang durasinya hanya 3 menit dan berbasis data riset LSI Denny JA untuk aneka isu yang strategis. Berdasarkan survei LSI Denny JA, Mei hingga Agustus 2023, tingkat kepuasan publik kepada Jokowi berkisar antara 76,2-80 persen. Ini adalah rating yang sangat tinggi dan mencengangkan.



"Apa yang membuat Jokowi tetap populer, tetap membuat rakyatnya puas? Tentu ini impresi rakyat banyak, hasil kombinasi dari apa yang mereka lihat, antara kinerja Jokowi dan personalitasnya," ujar Denny JA.

Dalam kinerja, kata Denny, publik merasakan sendiri manfaat kebijakan Jokowi, misalnya BPJS Kesehatan. Biaya kesehatan begitu dijamin dengan harga yang terjangkau, bahkan gratis. Selain kesehatan, publik juga dipuaskan dengan kebijakan di sektor pendidikan.

Tak hanya itu, bantuan sosial (bansos), terutama ketika bencana tiga tahun Covid-19, walau terdapat kebocoran anggaran, namun penilaian publik sangat tinggi. "Pasti tetap ada yang kritis kepada Jokowi, terutama dari kalangan terpelajar. Namun, kalangan terpelajar di Indonesia ini jumlahnya kurang dari 10 persen," ujar Denny.

Denny mengatakan, secara kualitas, catatan kalangan terpelajar sangatlah penting. Meski demikian, dalam ukuran approval rating, bukan kualitas tapi kuantitas opini yang terhitung.

Dia berpendapat bahwa hal lain yang mencolok soal Jokowi adalah personalitasnya. Masyarakat melihat Jokowi peduli kepada rakyat. Kepedulian Jokowi dirasakan otentik dan tidak dibuat-buat atau akting.

Jokowi juga dinilai rendah hati dan santun. Kesan atas personalitas juga besar pengaruhnya untuk tingkat kepuasaan publik. Denny juga mengisahkan pengalaman pribadinya dengan personal Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)