Belasan Ribu Siswa di Bandung Catat Rekor Membaca Secara Senyap

Kamis, 04 Mei 2017 - 14:30 WIB
Belasan Ribu Siswa di Bandung Catat Rekor Membaca Secara Senyap
Belasan Ribu Siswa di Bandung Catat Rekor Membaca Secara Senyap
A A A
BANDUNG - Dinas Pendidikan Kota Bandung mencatatkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI) dan Record Holders Republic (RHR) setelah 12.737 siswa dan siswi melakukan gerakan literasi massal, yakni membaca 10 menit secara senyap di Lapangan Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kamis (4/5/2017).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana menjelaskan, kegiatan ini guna menyemangati dan memberikan apresiasi kepada ‎para guru dan siswa-siswi di Kota Bandung yang telah melaksanakan program gerakan literasi di sekolah-sekolah, membaca 15 menit sebelum sekolah.

‎"Seperti diketahui, Bandung sudah mendeklarasikan membaca di sekolah, minimal 15 menit setiap hari sebelum kegiatan belajar dimulai. Ini apresiasi itu. Anak-anak membiasakan diri untuk membaca. Tak hanya membaca tapi juga menangkap apa yang dibaca," katanya di sela-sela Gebyar Literasi Dinas Pendidikan Kota Bandung 12.000 Siswa Baraca (Bandung Juara Maca).

Ada 12.737 siswa/siswi dari 247 sekolah dasar di Kota Bandung yang terlibat dalam kegiatan gerakan literasi ini. "Ini merupakan pembiasaan karakter membaca yang baik di SD baik timur ke barat, atau selatan ke utara. Semua sekolah mengikuti gerakan membaca ini, jadi orang tua tak perlu khawatir karena pada dasarnya semua sekolah sama."

Dengan gerakan literasi ini, pihaknya mengklaim ada peningkatan siswa/siswi untuk membaca. Bahkan, bagi siswa/siswi yang biasa membaca 30-50 buku akan menjadi duta bahasa. "Ini sebuah lompatan yang baik bagi siswa siswi dalam membaca."

Presiden ORI Agung Elvianto‎ mengatakan, kegiatan ini mencatat rekor Indonesia dengan peserta terbanyak, yakni 12.737 siswa dan siswi. "Untuk anak-anak sekolah, kalian merupakan bagian sejarah yang akan tercatat dunia dan Indonesia yang membaca kolosal secara bersamaan."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4147 seconds (0.1#10.140)