Datangi Rumah Mewah, Balai Besar KSDA Jabar Amankan Satwa Dilindungi

Selasa, 02 Mei 2017 - 10:02 WIB
Datangi Rumah Mewah, Balai Besar KSDA Jabar Amankan Satwa Dilindungi
Datangi Rumah Mewah, Balai Besar KSDA Jabar Amankan Satwa Dilindungi
A A A
BANDUNG - Tim Gugus Evakuasi dan Penyelamatan Satwa Liar Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat mengevakuasi sejumlah satwa dilindungi dari sebuah rumah mewah di Jalan Kiputih Dalam, Kelurahan Cidadap, Kecamatan Ciumbuleuit, Bandung, Senin (1/5/2017) malam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, mobil ranger berwarna oranye dan abu-abu tiba di lokasi pada pukul 18.30 WIB. Dua mobil membawa kandang kosong ini memasuki sebuah rumah mewah berwarna cokelat, yang berlokasi di Jalan Kiputih Dalam, tepatnya di depan Bumi Sangkuriang.

"Kami menindaklanjuti adanya pemberitaan di media sosial dan Profauna melaporkan ke kami (BKSDA) bahwa ada pemeliharaan yang diliput di salah satu acara TV nasional. Kita sebagai yang diberikan tupoksi langsung menindaklanjuti laporan tersebut ke lokasi," kata Kasubag Evaluasi dan Pelaporan BKSDA Jawa Barat Agus kepada KORAN SINDO.

Menurutnya, tim melakukan tindakan persuasif terhadap pemilik satwa liar dilindungi tersebut. "Pemilik koperatif dan akan mengurus perizinannya," kata Rifky, Kasi P3 BKSDA Jabar.

Untuk sementara, pihaknya membawa sejumlah burung merak hijau dan ‎kakatua. "Yang kita amankan merak hijau sebanyak tujuh ekor dan burung kakatua sebanyak empat ekor," ujarnya.

Ke depan, lanjut Rifki, pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait asal usul satwa dilindungi tersebut. "Kita akan selidiki asal usul satwa liar ini didapat dari mana. Tapi yang paling utama, satwa ini harus kita titipkan ke lembaga konservasi atau direhabilitasi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3817 seconds (0.1#10.140)