10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Pakai Bahan Alami Ini!

Jum'at, 15 September 2023 - 05:30 WIB
loading...
10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Pakai Bahan Alami Ini!
Cara menghilangkan bruntusan di jidat bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Foto Ilustrasi/Prostock Studio
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan bruntusan di jidat bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Bruntusan sering terjadi di area jidat atau kening dan menjadi salah satu masalah kulit wajah yang dialami orang dewasa maupun remaja.

Masalah bruntusan di jidat merupakan kondisi ketika muncul banyak benjolan kecil di area kening dan membuat permukaan wajah menjadi tidak rata serta menimbulkan sensasi gatal. Bruntusan di jidat juga sering kali membuat seseorang jadi kurang percaya diri dengan penampilannya.

Namun, masalah bruntusan di jidat bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami yang dipercaya cukup efektif.

10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat dengan Bahan Alami

1. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang bisa meredakan peradangan, membantu eksfoliasi kulit wajah secara alami, dan menstimulasi kolagen kulit. Cara menghilangkan bruntusan di jidat menggunakan oatmeal sangat mudah diikuti. Yaitu campurkan oatmeal dengan sedikit air atau madu, kemudian oleskan ke wajah khususnya jidat dan diamkan hingga mengering, lalu gosok secara perlahan untuk eksfoliasi dan bilas dengan air bersih.


2. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa menghilangkan jerawat dan bruntusan secara efektif. Caranya, campurkan beberapa sendok teh hijau dengan madu lalu oleskan pada wajah khususnya jidat, kemudian diamkan beberapa saat sampai mengering, dan bilas dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung teh hijau.

3. Kompres Es Batu

Efek dingin dari es batu bisa membantu meredakan peradangan jerawat pasir untuk sementara. Caranya, masukkan beberapa bongkahan kecil es batu ke dalam kain bersih, kemudian tempelkan di area bruntusan pada wajah. Cara ini bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Masker Lemon

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang berguna untuk menyamarkan noda dan bekas luka di wajah. Caranya, gunakan air perasan lemon sebagai masker wajah, lalu diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Anda bisa menggunakannya secara rutin, tetapi harus hati-hati jika sudah mulai terasa perih dan menimbulkan iritasi pada wajah.

5. Masker Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan dan bersifat anti inflamasi yang bisa digunakan untuk mengobati bekas luka. Madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bruntusan pada jidat.

Caranya, siapkan satu sendok teh madu, lalu oleskan ke wajah khususnya bagian jidat, kemudian diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.


6. Masker Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan enzim alami yang bisa membantu meratakan tekstur kulit, menyamarkan noda hitam dan bekas luka yang membandel pada wajah. Caranya, pisahkan bagian putih telur, kemudian oleskan putih telur secara merata pada wajah khususnya jidat, diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin.

Anda bisa melakukannya secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Masker Timun

Timun memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti radang yang berguna untuk menenangkan kulit serta mengurangi peradangan. Caranya, haluskan setengah buah timun hingga menjadi pasta encer, kemudian saring sari timun, dan oleskan sari timun yang sudah disaring ke area jidat yang bruntusan.

Anda harus membersihkan wajah terlebih dulu sebelum mengaplikasikan maskernya. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin.

8. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam alami, seperti asam sitrat yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan bruntusan, serta menyamarkan bekasnya. Tetapi, Anda harus hati-hati menggunakannya karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Caranya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air, jumlah air bisa disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Kemudian bersihkan wajah, lalu oleskan campuran cuka apel dengan air, diamkan selama 5 sampai 20 detik, bilas menggunakan air bersih serta keringkan wajah.

9. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polisakarida yang bisa membantu mendorong pertumbuhan sel kulit baru untuk membantu menyembuhkan noda dan bekas luka.

Caranya, ambil satu batang lidah buaya, kupas dan ambil bagian dalamnya, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin.

10. Masker Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang berguna untuk kesehatan kulit wajah. Tomat juga memiliki kandungan likopen yang bisa membantu memperbaiki tekstur kulit akibat bruntusan.

Caranya, haluskan satu buah tomat kemudian oleskan ke kulit wajah khususnya jidat, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukannya secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. MG/Shandya Pricilla
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)