Berkat Digitalisasi, Usaha Cuci Sepatu di Bogor Raih Kenaikan Omset Signifikan

Kamis, 14 September 2023 - 16:58 WIB
loading...
Berkat Digitalisasi, Usaha Cuci Sepatu di Bogor Raih Kenaikan Omset Signifikan
Ghazaly Imam Negoro, salah satu dari sekian banyak mitra DANA Bisnis yang memiliki kisah inspiratif. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Keberadaan uang digital saat ini semakin menggeliat dan memudahkan para penggunannya. Bahkan tak sedikit yang meraih sukses dengan penggunaan dompet digital. Ghazaly Imam Negoro, salah satu dari sekian banyak mitra DANA Bisnis yang memiliki kisah inspiratif.

Pria yang akrab disapa Ghazali ini memiliki perjalanan menarik dalam membangun bisnisnya. Memulai bisnis di bidang konveksi, Ghazali harus menghadapi badai pandemi sehingga sulit sekali untuk berkembang.

Selain itu, kurangnya akses digital terhadap bisnisnya mempersulit interaksinya dengan pelanggan dari berbagai sisi mulai dari pengelolaan transaksi keuangan, hingga pilihan transaksi pembayaran yang masih berorientasi pada uang tunai.

Titik balik perjalanan bisnis Ghazali dimulai ketika bergabung dengan program mentoring leader yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Melalui program ini, ia memperoleh pelatihan dengan para mentor bisnis berpengalaman serta diberikan modal yang cukup untuk memulai sebuah bisnis baru.



Didorong oleh minatnya yang kuat, serta inspirasi yang diperolehnya dari istri tercinta, Ghazali akhirnya memutuskan untuk memulai usaha cuci sepatu yang diberi nama "Shiny Shoes” pada bulan Juli 2022 di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Ghazali memulai bisnis toko cuci sepatu pertamanya dengan toko dengan ukuran yang kecil. Walau begitu, upaya merintis usaha ini dilakukannya dengan perhitungan yang matang. Ia sangat mempertimbangkan lokasi strategis yang terletak di area sekitar kampus dengan tingkat permintaan pasar yang tinggi dari para mahasiswa. Setelah sukses di cabang pertama, Ghazali kemudian membuka cabang kedua di Laladon. Kini, bisnisnya berkembang dengan turut menerima layanan cuci tas dan helm.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan Shiny Shoes, Ghazali harus menghadapi tantangan baru, yaitu pencatatan keluar dan masuk uang dari setiap transaksi. Tren pelanggan yang hampir 50% telah beralih menggunakan transaksi digital ketimbang menggunakan cash mendorong Ghazali untuk menemukan solusi agar kebutuhan pelanggan dapat terlayani dengan baik. Guna mempermudah kegiatan tersebut, Ghazali memilih DANA Bisnis sebagai platform mitra untuk membantu operasionalisasi bisnisnya go-digital.

DANA Bisnis memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung transaksi digital berjalan mudah dan lancar. Fitur seperti riwayat transaksi, QRIS, dan dashboard yang mudah diakses sangat membantu pengguna dalam mengelola bisnisnya. Kurang dari satu tahun bergabung dengan DANA Bisnis, Ghazali telah mengalami peningkatan yang signifikan dari bisnisnya. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari yang omzet bisnisnya, yang semula berada di tingkatan DANA Bisnis Bronze (Transaksi < 5 Juta), kini sudah meningkat menjadi DANA Bisnis Silver (Transaksi > 5 Juta). Setelah itu, terjadi peningkatan sebanyak dua kali lipat dalam setiap bulan, sehingga mendorong Ghazali untuk berani membuka cabang baru setelah sukses di dua cabang pertamanya di daerah Laladon dan Dramaga.

Ghazali Imam Negoro, CEO Shiny Shoes, mengungkapkan “Melakukan digitalisasi bisnis adalah langkah yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis UMKM seperti ini. Saya yakin ketika semakin banyak bisnis-bisnis kecil dan menengah memberikan opsi pembayaran yang mudah kepada pelanggan, maka semakin banyak juga yang lebih cepat naik kelas. Salah satu, langkahnya adalah dengan bermitra dengan DANA untuk mendapatkan opsi terbaik dalam memudahkan proses digitalisasi transaksi.”

Ghazali telah membuktikan bahwa dengan kerja keras, inovasi, dan persistensi keadaan sesulit apapun akan selalu ada kesempatan untuk bisnis dapat tumbuh dan berkembang. Ia adalah contoh inspirasi anak muda yang memanfaatkan arus digitalisasi dalam meningkatkan bisnis lokal dengan dukungan layanan dompet digital, DANA.

"Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari ekosistem digital DANA Bisnis. Saya juga selalu mendukung rekan-rekan UMKM mendapatkan pengalaman bisnis yang lebih baik dan turut mendapatkan solusi pembayaran digital yang mudah dan aman bersama DANA," tutup Ghazali.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)