Keutamaan Doa Masuk Rumah, Rezeki Lancar dan Dilindungi dari Gangguan Setan

Rabu, 13 September 2023 - 23:52 WIB
loading...
Keutamaan Doa Masuk Rumah, Rezeki Lancar dan Dilindungi dari Gangguan Setan
Apabila seseorang masuk rumahnya lalu berdzikir menyebut nama Allah, maka setan tidak akan bermalam di rumah tersebut. Foto ilustrasi/Cahaya Islam
A A A
Keutamaan membaca doa masuk rumah ini dapat melancarkan rezeki dan menjadi perisai dari gangguan setan. Anjuran berdoa ketika masuk rumah ini sama halnya ketika keluar rumah.

Disebutkan dalam Hadis yang masyhur, "Apabila seseorang masuk rumahnya, lalu berdzikir kepada Allah ketika masuk rumah dan makan, setan berkata (kepada teman-temannya), 'Tiada tempat tinggal dan makanan bagi kalian (malam ini)'." (HR Muslim 2018)

Doa Masuk Rumah
Dari Abu Malik Al-Asy'ari ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Jika seorang laki-laki masuk ke dalam rumahnya hendaklah ia membaca: "Allahumma innii as aluka khairal maulaj wa khairal makhraj bismillah walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa 'alaallahi Rabbinaa tawakkalnaa". Setelah itu hendaklah mengucapkan Salam kepada keluarganya." (Sunan Abu Dawud 4432)

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa, wa bismillaahi khorojnaa, wa 'alallaahi Robbinaa tawakkalnaa.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal."

Rezeki Dilancarkan
Dalam Kitab Hallu Aqfal Liqurra Jawaharotul Kamal, dari Sahal Bin Sa'ad radhiyallahu 'anhu berkata: 'Ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah ﷺ mengadukan tentang kefakiran dan kesempitan hidup, lalu Rasulullah berkata kepadanya: "Apabila kamu memasuki rumahmu maka hendaklah kamu mengucapkan Salam baik ada atau tidak ada nya orang di rumah itu. Kemudian bersholawatlah kamu atasku dan bacalah "Qul Huwallohu Ahad" (Surat Al-Ikhlas satu kali."

Kemudian lelaki itu mengerjakannya. Maka Allah Ta'ala menambah rezekinya sampai rezeki itu melimpah kepada tetangga dan kerabatnya.

Cara Mengamalkannya:
1. Sebelum masuk rumah, apabila ada orang di rumah tersebut ucapkan Salam: "Assalamu'alaikum wa Rahmatullaahi wa Barokaatuh."
2. Jika tidak ada penghuni di dalam rumah maka ucapkan: "Assalamu 'Alaika Ayyuhan Nabiyyu wa Rohmatullahi wa Barokatuh, Assalamu 'Alaina wa 'Alaa Ibadillahis Sholihin."
3. Membaca Sholawat.
4. Kemudian Membaca Basmalah dan Surat Al-Ikhlas.
5. Menambahkannya dengan Doa berikut: "Ya Allah berilah aku rejeki di tengah kota (ku) di antara keluarga dan anakku tanpa susah payah dengan berkat Surat Al-Ikhlas:

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ. اَللّٰهُ الصَّمَدُ. لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ. وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Qul Huwalloohu Ahad. Alloohush-Shomad. Lam yalid walam yuulad. Wa lam yakul-lahuu kufuwan Ahad.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)