Forum Ulama Jember Tolak Sistem Khilafah

Senin, 24 April 2017 - 22:02 WIB
Forum Ulama Jember Tolak Sistem Khilafah
Forum Ulama Jember Tolak Sistem Khilafah
A A A
JEMBER - Puluhan ulama di Jember menyatakan menolak sistem Khilafah yang sedang marak digaungkan oleh salah satu ormas Islam. Penolakan terhadap sistem khalifah ini disampaikan saat silaturahmi di Sekretariat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jember.

Hadir dalam pertemuan tersebut, PC NU Jember, PC NU Bondowoso, PC IKA PMII Jember, GP Ansor Jember, MUI Jember, dan Pengasuh Pondok Pesantren Jember. KH Abdullah Syamsul Arifin, selaku Ketua Tanfidziyah PC NU Jember menyatakan, tidak ada sistem yang baku yang ditetapkan dalam Islam Pasca Rasulullah SAW wafat terkait pergantian kepemimpinan dalam Islam.

Sementara itu, Akhmad Taufiq, Ketua Umum PC IKA Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember mengatakan, forum tersebut merupakan ikhtiar penyelamatan dua hal sekaligus. Pertama, menyangkut ukhuwah Islamiah dan kedua dalam konteks kebangsaan.

"Penolakan ini dalam kerangka dan prinsip penyelamatan tadi, sehingga kita dapat hidup secara damai dalam menjalankan syariat agama di bumi Indonesia yang kita cintai ini," katanya seperti rilis yang diterima SINDOnews, Senin (24/4/2017).

Forum silaturahim ini digagas oleh KH Muhyidin Abdusshomad, KH Abdullah Syamsul Arifin (PC NU Jember), Akhmad Taufiq (Ketua Umum PC IKAPMII Jember), Ayub Muchson (GP Ansor Jember) dan Prof Abd Halim Subahar (MUI Jember). Forum ini digagas pada Jumat, 21 April 2017 di Ponpes Nurul Islam Jember.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4359 seconds (0.1#10.140)