Sosok Prabu Brawijaya V, Raja Majapahit Menjelang Era Keruntuhan yang Melegenda

Selasa, 12 September 2023 - 17:13 WIB
loading...
Sosok Prabu Brawijaya V, Raja Majapahit Menjelang Era Keruntuhan yang Melegenda
Prabu Brawijaya V merupakan salah satu raja Majapahit yang berkuasa menjelang keruntuhannya. Foto/YouTube Wong Curahjati
A A A
JAKARTA - Prabu Brawijaya V merupakan salah satu Raja Majapahit yang berkuasa menjelang keruntuhannya. Ada banyak kisah menarik dari sosok Prabu Brawijaya V.

Tak hanya soal statusnya yang pernah menjadi penguasa Majapahit, ada juga kisah lain seperti cerita moksanya di Gunung Lawu.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Prabu Brawijaya V ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasan profil singkatnya berikut.

Sosok Prabu Brawijaya V


Majapahit menjadi salah satu kerajaan besar yang pernah hadir di Indonesia. Bersama statusnya ini, mereka juga memiliki banyak tokoh terkenal. Antara lain seperti Raden Wijaya, Hayam Wuruk, Gajah Mada, hingga Prabu Brawijaya V.



Prabu Brawijaya V berkuasa di era menjelang keruntuhan Majapahit. Dia mewarisi kerajaan dari Brawijaya IV.

Brawijaya V memerintah Majapahit pada periode 1468-1478. Meski tidak berada di era keemasan Majapahit sebagaimana Hayam Wuruk, kekuasaan kerajaan saat dirinya bertahta juga cukup luas.

Menurut banyak sumber, Prabu Brawijaya V memiliki beberapa istri dan selir. Tak hanya itu, keturunannya pun cukup banyak, termasuk salah satunya Raden Patah yang pada kemudian hari menjadi Sultan Demak.

Kisah Prabu Brawijaya V yang Moksa di Gunung Lawu


Menjelang turun tahta dari Majapahit, Brawijaya V sempat mendapat wangsit melalui mimpinya. Momen inilah yang konon membuatnya memilih untuk bersemedi dan moksa di Gunung Lawu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)