5 Penyebab Nyeri Sendi Selain Asam Urat dan Cara Mengobatinya

Selasa, 12 September 2023 - 17:55 WIB
loading...
5 Penyebab Nyeri Sendi Selain Asam Urat dan Cara Mengobatinya
Penyebab nyeri sendi bisa dipicu banyak hal selain asam urat. Banyak kondisi yang menyebabkan nyeri sendi, namun tidak semuanya mempengaruhi sendi sekaligus. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab nyeri sendi bisa dipicu oleh banyak hal selain asam urat . Banyak kondisi yang dapat menyebabkan nyeri sendi, namun tidak semuanya mempengaruhi semua sendi sekaligus.

Nyeri sendi yang tiba-tiba dan meluas dapat disebabkan oleh infeksi, penyakit inflamasi, dan komplikasi dari beberapa kondisi kesehatan. Seperti halnya asam urat dan influenza atau flu.

Pengobatan untuk nyeri sendi akan tergantung pada penyebabnya. Beberapa penyebab tidak memerlukan pengobatan medis, sementara penyebab lainnya memerlukan intervensi medis sehingga penting berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis.

Penyebab Nyeri Sendi Selain Asam Urat dan Cara Mengobatinya



Berikut penyebab nyeri sendi selain asam urat dilansir dari Medical News Today, Selasa (12/9/2023).



1. Flu


Flu adalah penyakit menular yang umum. Berbeda dengan gejala pilek, gejala flu bisa muncul secara tiba-tiba dan meliputi nyeri sendi, nyeri otot, demam atau menggigil, batuk, sakit tenggorokan, hidung berair atau tersumbat, kelelahan, muntah atau diare.

Flu biasanya membaik dengan sendirinya dalam 1–2 minggu. Kebanyakan orang yang terserang flu tidak memerlukan perawatan medis. Dokter biasanya akan memberi obat antivirus kepada orang-orang dalam kelompok ini untuk mempersingkat durasi penyakit dan mengurangi keparahan gejala.

2. Covid-19


Covid-19 adalah penyakit menular lainnya yang menyebabkan nyeri sendi. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala seperti nyeri sendi, pegal-pegal, demam atau menggigil, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, sesak napas, hilangnya rasa atau bau baru, hidung tersumbat atau berair, mual atau muntah, dab diare.

Kebanyakan orang yang tertular Covid-19 mengalami gejala ringan hingga sedang dan membaik tanpa pengobatan. Namun, komplikasi jangka panjang yang serius bisa terjadi. Setiap orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 harus mendapatkannya untuk mengurangi risiko gejala serius, terutama bagi orang-orang yang termasuk dalam kelompok berisiko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)