Kisah Kesetiaan Arya Wiraraja Mengawal Pelarian Raden Wijaya hingga Mendirikan Majapahit

Selasa, 12 September 2023 - 11:41 WIB
loading...
Kisah Kesetiaan Arya Wiraraja Mengawal Pelarian Raden Wijaya hingga Mendirikan Majapahit
Arya Wiraraja merupakan sosok penting yang mengawal Raden Wijaya dari mulai Singasari hancur diserang Jayakatwang hingga berhasil mendirikan Kerajaan Majapahit. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
ARYA WIRARAJA merupakan sosok penting yang mengawal Raden Wijaya dari mulai Singasari hancur diserang Bupati Gelang-Gelang Jayakatwang hingga berhasil mendirikan Kerajaan Majapahit. Arya Wiraraja merupakan pejabat Kerajaan Singasari yang tersingkir ke Sumenep dan diangkat menjadi Adipati Madura Timur.

Ketika Kerajaan Singasari berakhir hancur akibat serangan Jayakatwang, Raden Wijaya lari ke Sumenep. Di situlah pertemuan Raden Wijaya dengan Arya Wiraraja bermula dan berlanjut dengan hubungan baik hingga berdirinya Kerajaan Majapahit.



Arya Wiraraja menjadi penasehat utama Wangsa Rajasa yang dipimpin Raden Wijaya. Raden Wijaya selalu meminta nasehat Arya Wiraraja sebelum memutuskan sesuatu.

Tercatat banyak utang budi Raden Wijaya kepada Arya Wiraraja, mulai dari membantu pelarian Raden Wijaya dari Singasari hingga menampungnya di Madura Timur.



Selanjutnya permohonan pengampunan pada Raja Jayakatwang, bantuan pasukan untuk membuka Hutan Tarik dan mendirikan Desa Majapahit.

Tak hanya, momen penting penyerangan dan penghancuran Kerajaan Kediri di bawah Jayakatwang hingga pengusiran tentara Mongol. Semua itu menjadi bukti betapa Raden Wijaya sangat tergantung kepada Arya Wiraraja.



Setelah Daha hancur dan Mongol berhasil diusir, Arya Wiraraja memutuskan menetap sementara waktu di Majapahit. Ia lantas terlibat aktif dalam persiapan upacara penobatan Raden Wijaya sebagai Raja Majapahit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)