Bangga! Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia di IWF 2023

Senin, 11 September 2023 - 19:13 WIB
loading...
Bangga! Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia di IWF 2023
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah. Foto: REUTERS/Cindy Liu
A A A
RIYADH - Lifter Tanah Air, Rahmat Erwin Abdullah , sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Rahmat sukses memecahkan rekor dunia angkat besi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023.

Pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023 yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, Rahmat tampil di nomor 81kg putra dan berada di Grup B. Meski tidak berada di Grup A, namun lifter berusia 22 tahun ini tampil memukau dengan sukses memecahkan rekor dunia angkat besi di nomor 81kg putra untuk angkatan clean and jerk.

Rahmat sama sekali tidak menemui kendala saat melakukan tiga kali angkatan clean and jerk. Dari tiga kali angkatan tersebut, peraih medali emas SEA Games 2023 itu mencatatkan angkatan 190kg, 200kg, hingga naik ke 209kg.



Rahmat memecahkan rekor yang sebelumnya dibukukan oleh lifter Bulgaria, Karlos Nasar, pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021. Kala itu, Karlos Nasar memiliki membukukan rekor 208kg.

Adapun untuk angkatan snatch, lifter asal Makassar itu berhasil mengangkat 145 kg. Sementara koleksi total angkatan yang dikumpulkan Rahmat sebesar 354kg.

Koleksi tersebut membuatnya untuk sementara unggul jauh di Grup B nomor 81kg putra. Meski berhasil memecahkan rekor, dia belum tentu bisa mendapatkan medali.

Pasalnya, sampai saat ini masih ada atlet yang masih bertanding yakni di Grup A. Dengan begitu, Rahmat masih harus menunggu hasil dari para atlet yang akan tampil di Grup A pada malam ini.

Kendati demikian, peluangnya untuk bisa merebut medali sangat terbuka. Sebab, torehan yang berhasil dia capai ini cukup luar biasa dengan salah satunya sukses memecahkan rekor dunia untuk angkatan clean & jerk.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)