3 Perbedaan Organisasi Internasional BRICS dan G20, dari Sejarah hingga Fokusnya

Senin, 11 September 2023 - 15:45 WIB
loading...
3 Perbedaan Organisasi Internasional BRICS dan G20, dari Sejarah hingga Fokusnya
Seorang pria berjalan di dekat bendera menjelang KTT G20 di New Delhi, India, 8 September 2023. Foto/REUTERS/Anushree Fadnavis
A A A
MOSKOW - Ada sejumlah perbedaan mendasar antara BRICS dan G20. Salah satunya adalah terkait fokus dan tujuannya.

Pada riwayatnya, BRICS dan G20 telah menjadi organisasi internasional yang banyak dikenal masyarakat luas. Keberadaan keduanya di panggung dunia ini memiliki pengaruh dan tak lepas dari sorotan publik.

Baru-baru ini, keduanya juga melangsungkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bersama negara anggota serta tamu-tamu undangan lainnya. Sama-sama berstatus organisasi internasional, apa saja perbedaan BRICS dengan G20?

Perbedaan BRICS dan G20

1. Tahun Berdiri


BRICS adalah sebuah organisasi ekonomi internasional yang belakangan ini terus mendapat perhatian. Melihat riwayatnya, pendirian BRICS bermula pada tahun 2001.

Saat itu, namanya masih BRIC dengan empat negara anggota. Masing-masing di antaranya adalah Brasil, Rusia, India, dan China.

Keempat negara anggota BRIC mengadakan KTT pertama pada 2009 di Yekaterinburg, Rusia. Setahun berselang, Afrika Selatan resmi bergabung dan menandai perubahan nama kelompok ini menjadi ‘BRICS’.

Di sisi lain, Group of Twenty (G20) telah bermula sejak 1999 sebagai pertemuan para menteri keuangan dan gubernur Bank Sentral. Saat itu, mereka membahas kebijakan untuk menyelesaikan krisis ekonomi dan keuangan global.

Pertemuan itu diikuti banyak negara berpenghasilan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik, termasuk Indonesia. Beberapa tahun berselang, para pemimpin negara G20 berkumpul untuk agenda KTT G20 pertama di Amerika Serikat.

2. Anggota Organisasi


BRICS awalnya beranggotakan lima negara. Mereka adalah Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (South Africa).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)