Serap Aspirasi, Pandawa Ganjar Gelar Sarasehan dan Dialog Seni Budaya

Minggu, 10 September 2023 - 10:29 WIB
loading...
Serap Aspirasi, Pandawa Ganjar Gelar Sarasehan dan Dialog Seni Budaya
Relawan Pandawa Ganjar menggelar Sarasehan dan Dialog Seni dan Budaya bersama puluhan seniman-budayawan serta warga di Desa Cikalahang, Cirebon, Sabtu (9/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIREBON - Relawan Pandawa Ganjar aktif menggelar pertemuan dengan para seniman-budayawan. Tujuannya mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mereka terkait perkembangan seni budaya di Indonesia.

Kali ini, relawan pendukung Ganjar Pranowo itu menggelar Sarasehan dan Dialog Seni dan Budaya bersama puluhan seniman-budayawan serta warga di Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Sabtu (9/9/2023). Mereka membahas kurangnya minat generasi muda terhadap kesenian dan kebudayaan khas Cirebon, contohnya tari topeng.

"Sangat banyak sekali kesenian dan kebudayaan yang belum bisa up (ditingkatkan) lebih lanjut. Karena generasi muda penerus bangsa di Cirebon tidak banyak yang antusias melanjutkan warisan budaya dan seni," kata Korwil Pandawa Ganjar Jawa-Bali Haldoko Danantyas Subandoro di sela-sela kegiatan.

Karena itu, elawan pendukung Ganjar Pranowo ini ingin membangkitkan serta mengembangkan kesenian dan kebudayaan Cirebon. "Kegiatan ini dilatarbelakangi dari keresahan budayawan dan seniman," tuturnya.

Danan menuturkan para seniman dan budayawan mengeluhkan kurangnya wadah seperti sanggar beserta pelatihnya bagi generasi muda untuk mengembangkan kesenian seperti tari topeng dan jaipong. "Ada keterbatasan akses dan fasilitas," ujarnya.

Pandawa Ganjar menampung aspirasi tersebut dan akan dikonsolidasikan dengan program bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. "Harapannya, program-program yang sudah dilaksanakan Pak Ganjar di Jawa Tengah di bidang seni budaya dapat diterapkan dalam skala nasional," terangnya.

Bukan hanya dialog dan sarasehan, Pandawa Ganjar juga menampilkan tari topeng untuk memberikan mengajak generasi muda memahami pentingnya melestarikan kesenian khas Cirebon.

Pedri Febrianto, pelaku seni dan budaya menilai dialog seni budaya ini sangat positif. Dia berharap setelah dialog itu, kesenian Cirebon bisa terus berkembang. "Harapan saya, Pak Ganjar jika jadi presiden bisa menghidupkan kembali seni budaya yang mulai pudar di sini," katanya.

Pria berusia 30 tahun ini juga berharap dibuatkan sanggar-sanggar tari beserta pelatihnya agar generasi muda bisa terus mengembangkan kesenian daerah mereka. "Saya pengin difasilitasi, tari jaipong dibikinkan sanggarnya, didatangkan pelatihnya agar hidup lagi seni dan budaya di sini," ujarnya.

Dia juga berharap Ganjar Pranowo jika terpilih sebagai presiden Indonesia bisa memperhatikan kesejahteraan seniman dan budayawan di Cirebon. "Jika Pak Ganjar menang, harapannya seniman-seniman di Cirebon bisa hidup kembali seperti dulu, tidak padam," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)