Longsor Terjang Kampung Taraju di Pangelangan, Satu Rumah Tertimpa

Rabu, 12 April 2017 - 15:06 WIB
Longsor Terjang Kampung Taraju di Pangelangan, Satu Rumah Tertimpa
Longsor Terjang Kampung Taraju di Pangelangan, Satu Rumah Tertimpa
A A A
Bencana tanah longsor akibat pergerakan tanah menerjang Kampung Taraju RT04/15, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (12/4/2017) pagi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu tapi satu rumah milik Daya (45), mengalami kerusakan usai tertimpa material longsoran.

Dandim 0609/ Kabupaten Bandung Letkol Arh Andre Wira Kurniawan melalui Danramil 0911/ Pangalengan Kapten Inf Dadang Sudarmo mengatakan, sebelum bencana longsor Rabu pagi dikawasan itu memang sehari sebelumnya sempat terjadi beberapa retakan tanah.

"Hujan deras yang terjadi Selasa (11/4/2017) ikut menjadi pemicu adanya pergerakan tanah di sini," ujar Dadang.

Menurut dia, berdasarkan pantauan di lokasi selain material tanah menimpa rumah milik salah seorang warga juga kini mengancam enam rumah lainnya.
Sehingga, jajarannya bersama-sama aparat kewilayahan terpaksa mengungsikan warga itu ke tempat yang lebih aman. "Mereka kami ungsikan ke rumah saudaranya yang aman. Karena khawatir terjadi longsor susulan," katanya.

Dadang menambahkan personil dari koramil dibantu petugas Pol PP beserta warga sekitar melakukan langkah pembersihan beberapa material tanah diarea pemukiman.

"Kami juga terus memantau untuk mengantisipasi hal hal yang tidak dinginkan sekaligus berkoodinasi dengan pemerintah setempat mengingat dilokasi tersebut kini telah terjadi retakan tanah yang berpotensi memicu longsor susulan," pungkasya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2039 seconds (0.1#10.140)