Fetish dan Ancaman Pelecehan Seksual di Kalangan Muda

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:12 WIB
loading...
Fetish dan Ancaman Pelecehan Seksual di Kalangan Muda
Media sosial dihebohkan dengan rangkaian tweet (thread) tentang fetish. Jenis kelainan seksual yang diduga diidap seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Media sosial dihebohkan dengan rangkaian tweet (thread) tentang fetish . Jenis kelainan seksual yang diduga diidap seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Korban merasa diperdaya dengan alasan riset untuk tugas akhir sang pelaku.

Thread ini menjadi viral dan mendapat tanggapan luas dari pengguna media sosial terutama twitter. Public pun bertanya-tanya apa itu fetish dan keheranan bagaimana sang pelaku melakukan aksinya berulang kali.

Rangkaian tweet ini pertama kali diunggah oleh akun twitter @m_fikris berjudul Predator Fetish Kain Jarik Berkedok Riset Akademik dari Mahasiswa PTN di Surabaya. Dia menuliskan cuitan soal kasus dugaan pelecehan seksual melibatkan mahasiswa bernama Gilang. (Baca: Periksa Predator "Fetish Kain Jarik", Ini yang Dilakukan Unair)

Dalam Thread-nya, @m_fikris menceritakan awal mula mengenal Gilang yang memintanya membungkus diri dengan kain jarik . Setelah itu, dia diminta Gilang untuk mengirim video atau foto dirinya yang telah terbungkus kain jarik. Pemilik akun @m_fikris mengaku menuruti perintah Gilang bungkus diri dengan kain jarik, karena yang bersangkutan memohon itu untuk tugas akhir di kampusnya.

Setelah terus berkomunikasi, pemilik akun @m_fikris akhirnya menyadari telah mengalami pelecahan seksual. Threadnya pun viral dan akhirnya banyak yang berani bicara juga telah menjadi korban pelecehan seksual Gilang. Sama seperti @m_fikris, sebagian besar dari korban diminta untuk membungkus dirinya atau orang lain. Lalu, netizen menyebut bahwa Gilang memiliki fetish terhadap orang yang terbungkus kain jarik.

Sebenarnya apa itu fetish?

Dikutip dari Psychologytoday.com, fetish adalah dorongan seksual seseorang yang berhubungan dengan benda mati. Bila seseorang memiliki fetish, dia akan terangsang secara seksual ketika memakai atau menyentuh suatu objek. (Baca juga: Bill Cliton Terseret Skandal Budak Seks Epstein)

Apa saja objek fetish? Objek fetish biasanya berupa pakaian, seperti lingerie atau celana dalam wanita. Tapi, kadang objek fetish bisa berupa sepatu perempuan. Gangguan fetish lainnya ada yang disebut parsialisme, seseorang akan bergairah secara seksual terhadap bagian tubuh, misalnya bokong, payudara, bahkan kaki.

Sementara, dikutip dari WebMd, kelainan fetish ditandai dengan ketergantuan yang terus-menerus terhadap suatu objek benda mati atau bagian tubuh tertentu, semisal kaki. Hal itu dilakukan orang dengan gangguan fetish untuk mendapatkan gairah seksual. Hanya menggunaakn objek benda mati atau bagian tubuh tersebut mereka bisa mendapatkan kepuasan seksual.

Menurut dr. Alvina, Sp.KJ, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa di Primaya Hospital Bekasi Barat, Fetish adalah objek yang tidak hidup. Sedangkan, Fetishism adalah fantasi, dorongan, atau perilaku seksual yang menggunakan objek tidak hidup sebagai metode untuk membuat seseorang terangsang secara seksual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)