Otoritas Bandara Adisutjipto Sebut Lion Group Telah Beri Kompensasi

Senin, 10 April 2017 - 10:52 WIB
Otoritas Bandara Adisutjipto Sebut Lion Group Telah Beri Kompensasi
Otoritas Bandara Adisutjipto Sebut Lion Group Telah Beri Kompensasi
A A A
YOGYAKARTA - Otoritas Bandara Adisutjipto mengakui tiga penerbangan dari Lion Group mengalami penundaan, Minggu (9/4/2017) malam. Tiga penerbangan tersebut masing-masing penerbangan Wings Air IW 1817 Yogya-Surabaya JOG-SUB serta Batik Air ID 7538 Yogya-Halim Perdana Kusuma dan ID 6367 Yogyakarta-Cengkareng.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengatakan, terkait dengan keterlambatan penerbangan tersebut, pihak manajemen Lion Group telah melakukan langkah-langkah pemberian kompensasi. Kompensasi kepada penumpang Lion Group tersebut sesuai ketentuan PM 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambangan Penerbangan atau Delay Management.

"Para penumpang diberikan fasilitas penginapan," kata Agus, Senin (10/4/2017).

Agus memastikan penerbangan yang mengalami penundaan tersebut telah diberangkatkan pagi ini. Batik Air tujuan Halim Perdana Kusuma (HLP) terbang Pukul 06.39 WIB, Batik Air tujuan Soekarno Hatta (CGK) Pukul 06.42 WIB, dan Wings Air tujuan Surabaya pukul 06.55 WIB.

Agus juga mengaku, mulai dari malam tadi sampai dengan diberangkatkannya kembali pagi ini, pihaknya selaku pengelola Bandara Adisutjipto selalu berkoordinasi dengan pihak maskapai dan pihak-pihak terkait antara lain dengan mengupayakan perpanjangan jam operasional Bandara Internasional Adisutjipto tadi malam sampai dengan pukul 22.00 WIB dari yang seharusnya pukul 21.00 WIB.

"Hal tersebut kami lakukan berdasarkan NOTAM B0648/17. Selain itu kami juga tetap melakukan pengawalan serta membantu melakukan pengamanan kondisi dilapangan agar kegiatan operasional di bandara tetap dapat berjalan dengan lancar," tandasnya.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Station Manager Lion Air Yogyakarta belum bisa dikonfirmasi. Ketika media ini mencoba mengonfirmasi melalui nomor pribadi, baik telepon, SMS, ataupun WA, belum ditanggapi.

Diberitakan sebelumnya, suasana di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu malam tadi seketika menjadi riuh. Ratusan penumpang dari penerbangan Wings Air dan Batik Air tak bisa terbang.

Orick, salah seorang penumpang pesawat Batik Air menjelaskan, dirinya harus tertunda keberangkatannya ke Jakarta yang harusnya berangkat pukul 18.40 WIB. Namun, dirinya mengaku kesal karena hingga kini tidak ada kejelasan dari pihak manajemen soal tertundanya penerbangan itu. (Baca Juga: Ratusan Penumpang Pesawat Marah-marah di Bandara Adisutjipto(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5631 seconds (0.1#10.140)