Khasiat Surat Al-Kautsar, Salah Satunya Mengobati Binatang yang Sakit Perut

Kamis, 07 September 2023 - 08:21 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Kautsar, Salah Satunya Mengobati Binatang yang Sakit Perut
Jika binatang terkena penyakit di perutnya  maka bacalah  surah ini. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Kautsar , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika binatang terkena penyakit di perutnya maka bacalah surah ini di telinga kanannya tiga kali dan di telinga kirinya tiga kali kemudian pukullah di bagian pinggir badannya dengan kakimu maka insyaAllah dia akan berdiri (sembuh).



Sedangkan dalam kitab Khawashul Qur’an disebutkan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al-Kautsar sebanyak seribu kali di malam Jumat setelah salat malam dan membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, sebanyak seribu kali juga, maka ia dapat melihat Nabi di dalam tidurnya.

Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Kautsar), maka Allah akan memberinya minum dari telaga Al-Kautsar dan dari semua telaga yang ada di surga. Allah juga mencatatnya berbuat sepuluh kebaikan sejumlah seluruh orang yang berkurban di yaumun-nahr...”



Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Kautsar), maka Allah akan memberinya minum dari telaga Al-Kautsar dan dari semua telaga di surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam Jumat sebanyak seratus kali dengan sempurna, maka ia dapat melihat Nabi di dalam tidurnya (mimpi), dengan izin Allah.”

Al-Kautsar sendiri artinya adalah “nikmat yang banyak”. Surat yang terdiri atas 3 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al’Adiyat. Ia diberi nama Surat Al-Kautsar karena merujuk pada lafaz al-kautsar yang terdapat pada ayat pertama. Surat ini juga menjadi penghibur hari Nabi Muhammad SAW.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)