Antisipasi Wabah Flu Burung Dinas Pertanian Suntik Unggas

Rabu, 05 April 2017 - 17:09 WIB
Antisipasi Wabah Flu Burung Dinas Pertanian Suntik Unggas
Antisipasi Wabah Flu Burung Dinas Pertanian Suntik Unggas
A A A
PANGANDARAN - Untuk mengantisipasi terjadinya wabah flu burung, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran menggelar penyuntikan dan pengambilan sampel darah hewan unggas.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Supriyadi mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di 4 Kecamatan.

"Dari 10 Kecamatan se Kabupaten Pangandaran, kami menggelar penyuntikan dan pengambilan sampel darah di 4 Kecamatan diantaranya Cijulang, Parigi, Sidamulih dan Padaherang," kata Supriyadi.

Masih dikatakan Supriyadi, penyuntikan dan pengambilan sampel darah tersebut dilakukan secara kerjasama dengan Balai Kesehatan Hewan Subang dengan target 380 ekor unggas.

"Target sasaran unggas yang diambil sampel darah dan penyuntikan diantaranya peternak ayam petelur, peternak ayam buras, peternak ayam boiler, peternak itik dan penjual unggas di pasar," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Agus Satriadi mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan bisa menekan kasus penyakit hewan terutama flu burung.

"Kabupaten Pangandaran secara historis belum pernah terjadi kasus flu burung, dengan kegiatan ini kami harap menghasilkan out put yang maksimal," kata Agus.

Agus menegaskan, pelaksanaan penyuntikan dan pengambilan darah tersebut dilaksanakan ke masyarakat secara gratis dari anggaran dari APBN. "Hewan yang telah disuntik diharapkan bisa menahan kekebalan hewan unggas," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5161 seconds (0.1#10.140)