Khasiat Surat Az-Zilzalah, Salah Satunya Aman dari Gangguan Penguasa Zalim

Senin, 04 September 2023 - 18:47 WIB
loading...
Khasiat Surat Az-Zilzalah, Salah Satunya Aman dari Gangguan Penguasa Zalim
Orang yang membacanya akan aman  dari  gangguan penguasa. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Az-Zilzalah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan orang yang membacanya akan aman dari gangguan penguasa.



Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Surat Al-Zalzalah itu sepadan dengan setengah Al-Qur’an, wal ‘adhiyat itu sepadan setengah Al-Qur’an, Surat Al-Ikhlas itu sepadan sepertiga Al-Qur’an, dan Surat Al-Kafirun sepadan dengan seperempat Al-Qur’an.”

Abdullah bin Amru meriwayatkan bahwa seorang lelaki pernah menemui Rasulullah lalu bertanya, “Bacakan untukku wahai Rasulullah.”

Maka Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah tiga surat yang berawal dari alif lam ra.”

Kemudian ia membalas, “Umurku sudah tua, hatiku keras dan bicaraku kasar.”

Maka laki-laki itu menjawab dengan jawaban yang serupa.

Rasulullah kemudian bersabda, “Bacalah tiga Surat Musabbihat (surat yang berawalan sabbaha dan yusabbihu).” Maka lelaki itu menjawab dengan jawaban yang serupa dengan jawaban (yang pertama). Lalu berkata lagi, “Akan tetapi, bacakan untukku Surat Al-Jum’ah ya Rasulullah.”

Maka Rasulullah SAW pun membacakannya (Surat Al-Zalzalah), hingga selesai membaca itu, lelaki itu berkata, “Demi Zat yang telah mengutusmu dengan hak, aku tidak akan menambah atasnya.”

Kemudian lelaki itu pulang, lalu Rasulullah bersabda, “Beruntunglah lelaki itu, beruntunglah lelaki itu, begitu pula aku.” (HR Ahmad, II: 169, dan Abu Dawud, I: 221)



Sedangkan dalam Tsawabul A’mal dinyatakan bahwa dari Abi Abdullah telah berkata: “Janganlah kalian bosan membaca Surat Al-Zalzalah, karena sesungguhnya barangsiapa yang membacanya di dalam salat sunahnya, maka Allah tidak akan menimpakan bencana (gempa bumi) selamanya dan ia tidak akan mati karenanya. Tidak juga ia terkena petir dan beberapa malapetaka di dunia lainnya. Lalu ketika ia meninggal, maka diperintahkan menuju surga. Lalu Allah berfirman, ‘Wahai hamba-Ku, Aku memasukkanmu ke dalam surga-Ku, maka tinggallah di dalamnya selama kamu inginkan, tidak dilarang dan tidak pula ditolak.’”

Dalam ‘Uyunul Akhbar disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Zalzalah), maka ia akan diberi pahala seperti orang yang membaca seperempat Al-Qur’an, dan barangsiapa yang menulisnya atas roti yang lembut, dan dimakankan kepada pencuri, maka ia tersedak (sesak) karenanya dan (dimakankan) kepada seorang yang berbuat kesalahan, maka akan terbuka kesalahannya.”

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Zalzalah sebanyak empat kali, maka ia seperti orang yang membaca Al-Qur’an seluruhnya.”

Al-Zalzalah sendiri artinya adalah “kegoncangan”. Surat yang terdiri atas 8 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Madaniyyah dan diturunkan setelah Surat An-Nisa’. Ia diberi nama Surat Al-Zalzalah karena merujuk pada lafaz az-zilzal yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2759 seconds (0.1#10.140)