Perampok Tauke Karet Ditembak Mati, Temannya Tenggelam

Kamis, 30 Maret 2017 - 17:35 WIB
Perampok Tauke Karet Ditembak Mati, Temannya Tenggelam
Perampok Tauke Karet Ditembak Mati, Temannya Tenggelam
A A A
PALEMBANG - Satu orang pelaku perampokan sadis terhadap tauke karet di Desa Bumi Makmur, Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas, Sumatera Selatan pada 7 Maret 2017, tewas ditembak polisi.

Perampk yang tewas ditembak itu adalah Warno Jumali (23), warga Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas. Dia tewas di tempat setelah terkena tembakan di dada di lokasi penangkapan di Tanjungenim, Muaraenim, ketika hendak melarikan diri ke Lampung, Rabu (29/3/2017).

Selain pelaku yang tewas tertembak, satu orang pelaku bernama Minok tenggelam di Sungai Ogan di Baturaja, Ogan Komering Ulu, saat penggerebekan. Minok diduga tewas namun jasadnya belum ditemukan dan masih dicari oleh polisi. Sementara, tiga pelaku lainnya yakni Jun Tatto (39), Paryadi (41), serta Sugiman (29) hanya mengalami luka tembak.

Dari tangan para perampok, polisi menyita barang bukti berupa lima pucuk senjata api rakitan, sisa uang hasil rampokan Rp5 juta, satu unit mobil Xenia dan dua sepeda motor yang digunakan tersangka saat beraksi, serta satu unit truk milik korban.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto berujar, para pelaku terbilang sangat sadis dalam beraksi. Pelaku tidak segan membunuh para korbannya.

"Mereka menembak korban di kepala hingga mati tanpa ampun. Pelaku terdiri dari delapan orang. Lima diringkus, satu di antaranya tewas tertembak, satu masih hilang setelah tenggelam di sungai. Tiga lainnya masih buron," ungkap Agung saat gelar perkara di Kamar Mayat RS Bhayangkara Palembang, Kamis (30/3/2017).

Agung mengatakan, komplotan ini kerap beraksi di sejumlah provinsi seperti Jambi, Sumsel, dan Bengkulu. Sasarannya adalah pengendara mobil dan pencurian sepeda motor.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo mengungkapkan, tersangka merampok tauke atau juragan karet di Desa Bumi Makmur, Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas, 7 Maret 2017.

Dua korban tewas yakni Patri Husein (25) yang merupakan tauke karet dan Edi Yus (30) yang merupakan sopir truk. Sedangkan satu korban lain, Pahendra (22) merupakan kernet truk, selamat meski juga terkena tembakan tersangka. Setelah ditembak, para korban dilempar ke sungai oleh pelaku dan uang sebesar Rp86,1 juta serta mobil truk dibawa kabur pelaku.

Modus yang digunakan adalah menghubungi pelaku lain untuk mengetahui posisi korban yang hendak menjual??< karet ke Palembang. Kemudian, mereka menghadang korban di jalanan sepi dengan mengendarai mobil dan motor.

Begitu korban melintas, para pelaku berpura-pura meminta bantuan karena mobilnya mogok. Lalu, pelaku menodong pistol rakitan ke semua korban dan menggiringnya ke dekat sungai.

"Para korban dibariskan berjajar menghadap arah sungai dengan tangan terikat. Dari belakang, pelaku menembak kepala masing-masing korban sebanyak dua kali dan selanjutnya dilempar ke sungai."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8887 seconds (0.1#10.140)