alexa snippet

Blanko Habis, Ratusan Ribu Warga Blitar Belum Kantongi e-KTP

Blanko Habis, Ratusan Ribu Warga Blitar Belum Kantongi e-KTP
Sebanyak 110.700 warga Kabupaten Blitar belum memiliki KTP elektronik (e KTP). Sejak Oktober 2016 atau enam bulan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengajukan blangko ke pemerintah pusat. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BLITAR - Sebanyak 110.700 warga Kabupaten Blitar belum memiliki KTP elektronik (e KTP). Sejak Oktober 2016 atau enam bulan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengajukan blangko ke pemerintah pusat. Namun hingga kini belum juga dikirim.

“Semuanya itu (110.700 warga) belum menerima KTP elektronik secara fisik,“ ujar Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Blitar Eko Budi Winarso kepada wartawan.

Ratusan ribu warga ini sudah melakukan proses. Sesuai data dispenduk capil 58.700 warga sudah memenuhi tahap perekaman. Status berkas print ready record atau siap cetak. Sedangkan 52.000 warga sudah melakukan perekaman dengan mengantongi surat keterangan.

Karena blanko material e KTP tidak cukup, dispenduk capil kata Eko Budi mengajukan ke Kemendagri. Namun kiriman kekurangan blanko tidak pernah datang.

Informasi yang diterima, lelang tender pengadaan blanko di Jakarta ada masalah sehingga terpaksa batal. Informasi lain menyebut proses tender sudah berjalan. Bulan April mendatang kekurangan blanko akan dikirimkan.

Kabarnya Kemendagri akan mendistribusikan 7 juta keping blanko ke daerah. “Rata rata setiap daerah mendapat jatah 13 ribu keping,“ kata Eko Budi.

Mengingat kebutuhan Kabupaten Blitar lebih besar, Eko Budi telah mengajukan 58 ribu keping blanko. Selain itu dispenduk capil Kabupaten Blitar memiliki fasilitas 7 mesin dengan dilengkapi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) grade 5.7.

“Kami optimistis mesin yang kita miliki mampu mencetak 50 ribu keping per bulan,“ jelasnya berharap kekurangan segera bisa dipenuhi.

Arifin, salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Wonodadi berharap pemerintah pusat segera memenuhi kekurangan blanko material e KTP.

Sebab e KTP merupakan hal yang vital mengingat semua urusan administrasi tidak bisa lepas dari identitas kependudukan.

“Karena itu kita berharap permasalahan kekurangan blanko ini segera terpenuhi. Sebab jika tidak masyarakat yang paling dirugikan,“ tandasnya.



(sms)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top