alexa snippet

Museum Pekanbaru Dijarah Maling, 8 Benda Pusaka Hilang

Museum Pekanbaru Dijarah Maling, 8 Benda Pusaka Hilang
Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
PEKANBARU - Kawanan maling menggasak Museum Sang Nila Utama, Pekanbaru, Riau. Delapan benda pusaka lenyap digondol maling. Beberapa benda yang hilang di Museum Sang Nila Utama yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru diantaranya empat Keris Melayu, Seladon Emas, Pedang Melayu, Kendi VOC dan Kendi Janggut.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein menjelaskan bahwa benda yang hilang itu tujuh diantaranya  berada di lemari gudang meseum dan satu berada di ruang pameran. "Kita sudah laporkan kasus ini ke polisi," ucap Yoserizal Zein, Selasa (21/3/2017).

Dia menjelaskan bahwa benda pusaka terakhir yang hilang adalah keris yang ada di pameran. Hilangnya benda bersejarah ini diperkirakan pada 13 Maret 2017.
Sementara tujuh benda lainnya yang ada di gudang diperkirakan hilang pada akhir Febuari 2017.

Namun anehnya kasus ini baru dilaporkan, padahal kejadian terkahir terjadi pada sepekan lalu. Pihak museum sendiri hanya melakukan pengecekan benda-benda pusaka sebulan sekali.

Parahnya di tempat barang berharga itu, tidak ada kamera pengintai (CCTV). Meseum Sang Nila Utama hanya dijaga seorang satpam yang hanya ada di pos jaga.

"Memang saat kejadian tidak ada CCTV-nya. Kita berharap benda pusaka itu bisa ditemukan kembali," pungkasnya.



(nag)
loading gif
Top