Bacaleg Partai Perindo Nuning Kertopati Dukung UMKM Batik Wonosobo

Rabu, 30 Agustus 2023 - 17:08 WIB
loading...
Bacaleg Partai Perindo Nuning Kertopati Dukung UMKM Batik Wonosobo
Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati (tengah) mengunjungi proses membatik corak Wonosobo. Foto/iNews TV/Didik Dono Hartono
A A A
WONOSOBO - Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik bercorak Wonosobo. Dukungan itu dilakukan langsung dengan mengunjungi proses membatik corak Wonosobo, Minggu (27/8/2023).

Susaningtyas yang merupakan Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hankam dan Siber ini terjun langsung dan mencoba proses membuat batik corak Wonosobo di Joglo Soekarno, Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, Wonosobo, Jawa Tengah.



"UMKM batik di Desa Talunombo sangat istimewa, kualitasnya sangat bagus dan bisa bersaing. Terbukti batik ini telah merambah ekspor ke berbagai negara, di antaranya Malaysia, Thailand dan lain-lain. Partai perindo hadir untuk terus memajukan," ujar Susaningtyas.



Saat ini, Desa Talunombo merupakan salah satu sentra pembuatan batik corak Wonosobo yang terkenal dengan nama batik Carica.

UMKM batik Wonosobo ini telah go internasional dengan merambah pasar ekspor ke berbagai negara.

Kunjungan Susaningtyas atau yang lebih akrab dipanggil Nuning ini direspons positif pelaku batik yang tampak antusias dan bersemangat. Mereka bertanya tentang kiat-kiat dan dunia perbatikan.



Berbagai corak dan model batik terlahir dari tangan-tangan terampil warga Talunombo. Alhasil batik ini terus menjadi buruan para penggemar.

Susanintyas merupakan kolektor batik. Bahkan batik koleksi ibunya berada di museum batik nasional di Pekalongan.

Dalam kesempatan yang sama, Susaningtyas juga melakukan sosialisasi kartu tanda anggota (KTA) Partai Perindo berasuransi kepada masyarakat.

Partai Perindo yang dipimpin oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan mendukung Bacapres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo itu akan terus memajukan UMKM. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)