Kisah di Balik Surat Al Fil, Kuasa Allah Menyerang Pasukan Gajah yang Hendak Hancurkan Kakbah

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:36 WIB
loading...
Kisah di Balik Surat Al Fil, Kuasa Allah Menyerang Pasukan Gajah yang Hendak Hancurkan Kakbah
Surat Al-Fil adalah salah satu surat ke- 105 dalam Al-Quran yang berisi kisah menakjubkan tentang kehancuran pasukan gajah yang hendak menghancurkan Kakbah.  Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Al-Fil adalah salah satu surat ke- 105 dalam Al-Quran yang berisi kisah menakjubkan tentang kehancuran pasukan gajah yang hendak menghancurkan Kakbah.

Meskipun surat ini terdiri dari hanya lima ayat, tetapi kandungan dan hikmah yang terkandung di dalamnya sangatlah berarti bagi umat Islam. Kisah di balik Surat Al-Fil merupakan bukti nyata akan kuasa Allah dalam melindungi rumah suci-Nya.

Kisah di balik Surat Al Fil

Kisah dalam Surat Al-Fil terjadi sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Makkah pada saat itu dipimpin oleh pemimpin-pemimpin suku Quraisy.

Pasukan Abrahah, yang merupakan penguasa Yaman, berencana untuk menghancurkan Kakbah . Abrahah berambisi agar masyarakat Arab mengubah arah kiblat mereka dari Kakbah menjadi Katedral di San'a.

Abrahah, yang memimpin pasukan Habsyah, bermaksud menjadikan katedral sebagai tempat peribadatan utama yang menggantikan Kakbah.

Tujuan dari ekspedisi militer ini adalah untuk mewujudkan keinginan Abrahah agar umat Arab akan melaksanakan ibadah haji di San'a, dan tidak lagi mengunjungi Kakbah seperti yang biasa dilakukan sebelumnya.

Tidak hanya berupaya mengalihkan arah kiblat dari Kakbah ke Katedral di San'a, niat Abrahah melampaui itu dengan tujuan lain dalam penyerangannya.

Abrahah juga memendam hasrat yang besar untuk menaklukkan kota Makkah karena ingin mengendalikan sektor ekonomi di wilayah tersebut.

Namun, dalam rencana kejam Abrahah ini, Allah SWT mengirimkan bala tentara-Nya dalam bentuk burung Ababil yang membawa batu kecil di paruhnya.

Mereka menjatuhkan batu-batu itu kepada pasukan Abrahah, dan kejadian ini mengakibatkan kehancuran pasukan gajah tersebut. Kisah ini merupakan bukti kuasa Allah yang luar biasa dan perlindungannya terhadap rumah suci-Nya, Kakbah.

Serangan burung ababil terjadi ketika pasukan Abrahah sedang melewati lembah muhassar, hasilnya, pasukan Abrahah mengalami kehancuran total.

Kisah ini mengingatkan kita akan kekuasaan Allah yang tak terbatas. Allah mampu mengalahkan pasukan besar dengan sekumpulan burung kecil. Ini mengajarkan kita untuk selalu bergantung pada Allah dan tidak berputus asa meskipun dalam situasi yang tampaknya sulit.

Kisah di balik Surat Al-Fil adalah pengingat akan kebesaran Allah, perlindungannya terhadap agama-Nya, dan hikmah yang dapat diambil dari setiap peristiwa dalam hidup.

Ini adalah cerita yang memberikan inspirasi dan kekuatan kepada umat Islam untuk selalu memercayai Allah dalam menghadapi cobaan dan rintangan dalam hidup.Itulah kisah di balik Surat Al Fil, semoga informasi ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5033 seconds (0.1#10.140)